Suriati merupakan salah satu sahabat NilaiKu Lombok Timur yang membuat Kue Kering yaitu Kue Siput (Kue Keong). Baru-baru ini, ia kembali mempromosikan produk usahanya tersebut melalui aplikasi NilaiKu. Wanita asal Lombok Timur ini tidak hanya mempromosikan produk Kue Siput saja, ia juga mempromosikan Telur Ayam melalui NilaiKu.
Ia berpromosi menggunakan KBD dari NilaiKu dan dibagikan ke Whatsapp Grup NilaiKu Lombok Timur. Dari promosinya tersebut, ia mendapat pesanan dari Bu Suhartini yang membeli 50 bungkus kue siput. Pesanan dari pelanggan juga bisa diantar langsung ke rumah.
Transaksi melalui NilaiKu mudah dan praktis, hanya kirim KBD dan menunggu ada yang pesan. Yang penasaran dengan kue kering buatan Bu Suriati bisa langsung pesan melalui link di bawah: Modal Sosial Suriati
Pandemi covid-19 membuat aktivitas tatap muka menjadi terbatas sehingga dilakukan secara online. Bercocok tanam salah satu aktivitas pertanian yang tentunya tetap harus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Namun, dalam pelaksanaannya kerap kali adanya serangan hama yang membuat petani mengalami gagal panen. Hasil panen dari budidaya cabe bisa terancam habis akibat serangan hama yang seringkali datang tiba-tiba. Hal serupa juga dialami oleh Sahabat NilaiKu Sukabumi yang diketahui melalui Whatsapp Group NilaiKu Sukabumi yaitu Teh Dina yang tanaman cabainya terserang hama
Teh Dina berbagi pengalaman buruk tanaman cabai terserang hama ke Whatsapp Group NilaiKu Sukabumi. Selanjutnya, terjadi pertukaran informasi cara untuk menanggulangi hama kuning yang dapat terjadi ke tanaman cabai.
Informasi ini dibagikan oleh Teh Anni Mariah, wanita asal Sukabumi yang juga ternyata aktif merajut. Cara untuk menangani hama kuning tersebut adalah dengan mencampur dua botol obat dengan takaran sebanyak 1 tutup botol masing-masing dan dicampur.
Begitulah cara penanggulangan hama tanaman cabai yang dibagikan oleh Sahabat NilaiKu Sukabumi. Untuk mengenal berbagai jenis hama dan pengendaliannya pada tanaman cabai lebih lengkap bisa langsung mengunjungi pertanian.go.id . Atau kamu mau bertukar informasi dengan teh Anni dan teh Dina langsung? Bisa klik: Anni Mariah: Modal Sosial & Dina: Profil Dina
Keuntungan Pengguna Menggunakan NilaiKu, berikut adalah sebuah pemahaman bagaimana pengguna mendapatkan keuntungannya jika mereka menggunakan NilaiKu untuk berpromosi. Di slide 4 adalah bagian untuk memahami alur pengguna merasakan keuntungan menggunakan NilaiKu.
NilaiKu.id – Ramainya jualan online seyogyanya diikuti dengan pemahaman tentang pengetahuan digital, hal tersebut terungkap dalam sebuah video yang dibagikan oleh Sahabat NilaiKu Lombok Timur dalam sebuah kegiatan forum berbagi ilmu dan pengalaman di desa Lendangnangka, Masbagik, Lombok Timur yang dihadiri oleh sejumlah pegawai dari dinas pertanian setempat, PPL, anggota kelompok tani dan KWT & masyarakat lainnya.
Para ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani atau KWT Tetu-tetu dan hadirin lainnya, nampak serius mendengarkan paparan Mahani dan berusaha menyerap pengetahuan lebih dalam lagi tentang cara pemasaran secara online, khususnya dalam menggunakan aplikasi NilaiKu untuk mempromosikan produknya, terlebih di masa pandemi yang membatasi ruang gerak. Salah satu ruang gerak yang tidak terbatas adalah internet yang bisa menghubungkan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja selagi tersedia koneksi jaringan internet.
“Acaranya adalah berbagi informasi dari hasil sekolah lapang program IPDMIP, berbagi pengalaman, menginformasikan pengetahuan tentang nilaiku juga,” ungkap Mahani menjelaskan kegiatan yang dilakukannya pada Selasa (02/11).
Mahani yang sejak lama menyadari bahwa pangsa pasar berbasis online merupakan potensi yang patut dibidik, maka ia pun rajin menularkan kemampuannya dalam menggunakan aplikasi NilaiKu sebagai sarana promosi online kepada masyarakat lainnya supaya bisa merasakan manfaat dan keuntungan seperti yang ia rasakan dalam menggunakan aplikasi NilaiKu.
Ayo Bantu UMK dengan Beli Produknya!
“Nah, di acara berbagi pengalaman ini saya lebih memilih menyampaikan bagaimana kita bisa jualan online, atau usaha yang memanfaatkan internet dengan menggunakan aplikasi NilaiKu,” imbuh Mahani kepada nilaiku.id saat dihubungi melalui telpon seluler (02/11).
Apa yang diungkap Mahani sejalan dengan apa yang pernah dikatakan oleh para pakar dan ekonom, bahwa membangun kesadaran digital merupakan hal yang paling utama saat memulai bisnis online, dimana pelaku usaha dituntut memahami secara mendalam manfaat platform digital untuk meningkatkan usahanya.
Sebuah data mencatat bahwa pengguna internet Indonesia saat ini ternyata sudah mencapai lebih dari 73 persen dari jumlah penduduk, di mana hal ini mengisyaratkan besarnya potensi pasar bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan untuk memulai bisnis secara online.
“Saya merasakan bahwa terbukanya pangsa pasar yang lebih lebar dengan NilaiKu, itu yang ingin saya sampaikan kepada para peserta forum, kami berharap kelompok lain bisa belajar bersama kami, walaupun hanya lewat hape,kan sekarang semuanya banyak yang digital, kan ya” pungkas Mahani.
Yuk raup keuntungan jualan online dengan mengupload produk-produkmu di aplikasi NilaiKu agar semakin dapat dijangkau dimana saja dan dapat tempat di pasar digital pada masa pandemi ini, temukan NilaiKu MicroAid di GooglePlayStore!
Desa Lendang Nangka merupakan sebuah desa di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur yang terbilang cukup maju pembangunannya. Desa ini seringkali menjadi desa rujukan sebagai standar bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Lombok Timur.
“Alhamdulillah, Desa kami memang diperhatikan dan sering kedatangan tamu, baik dari pemerintah pusat dan daerah, kita juga sering ikutan berbagi event, terutama di bidang usaha pertanian,” ungkap Mahani, Sahabat NilaiKu Lombok Timur.
Tak jarang Lendannangka menjadi juara di berbagai kegiatan pembangunan dan ajang lomba antar desa lainnya, salah satunya mendapatkan Bintang Selaparang, sekaligus menobatkan Lendangnangka sebagai desa pertama yang meraihnya karena tingkat kemajuannya.
Menurut berbagai literatur, masyarakat Desa Lendangnangka adalah masyarakat Sasak Muslim yang menggunakan bahasa relatif agak berbeda dengan bahasa Sasak pada umumnya mulai dari kata-kata hingga dialek yang mereka gunakan.
Sumber air minum terbesar bernama Otak Aik Tojang di daerah ini juga menjadikan Lendangnangka terbilang bagus di bidang pertanian, daerah ini terkenal sebagai penghasil buah-buahan dan sayuran, selain juga terdapat petani tembakau pada musim kemarau.
Suhartini pada kegiatan panen melon
Dengan jaringan internet yang cukup baik membuat warganya bisa menggakses informasi degan baik pula, bisa berselancar di Google mencari pengetahuan tentang dunia tani dan UMK, serta memanfaatkan aplikasi NilaiKu untuk mempromoikan usahanya.
Dan yang menjadikan Desa Lendangnangka spesial adalah semangat gotong-royong dan kekompakan masyarakatnya dalam bekerja dan berkarya, baik di lingkungan masyarakat itu sendiri maupun saat berkolaborasi dengan pegawai pemerintahan, misalnya saja saat harus bekerja sama dengan para petugas dari dinas pertanian setempat.
“Sebetulnya karena petugasnya juga sih, yang aktif terjun ke lapangan, para petugas PPL selalu melakukan kunjungan dan menyampaikan informasi apapun kepada kami, misalnya tentang pupuk, atau hal lainnya, contohnya bu Suhartini, beliau aktif sebagai petani juga, di dunia maya, misalnya di Whatsapp Grup NilaiKu Lotim beliau juga terlihat aktif,” terang Mahani (18/10).
Keaktifan para petugas PPL ternyata menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam membangun kekompakan di tingkat petani, di mana interaksi positif dan semangat proaktif petugas dalam membangun kekompakan demi tujuan bersama adalah spirit yang membuat Lendangnangka terbilang maju dan berkembang.
Kunjungan KWT
“Alhamdulillah dari mereka (masayarakat petani) bilang sih, sekarang serasa nyambung dan ‘hidup’ dengan PPL katanya. Ada dibuatkan Whatsapp Grup sebagai wahana komunikasi dan (berbagi) informasi selalu mreka dapatkan katanya. Alhamdulillah kedepannya kita akan buktikan kalo kami bisa,” kata Suhartini, petugas PPL setempat. Meski demikian, Suhartini mengatakan masalah kekompakan menurutnya baru akan menuju kompak.
“Kayaknya belum terlalu kompak mnurut saya, pak! Tepatnya baru mau kompak deh! karena kan baru-baru ini juga saya tugas di desa Lendangnangka jadi hasilnya belum ada kelihatan. Alhamdulillah sekarang KWT dan Kelompok-kelompok tani sudah mulai tergugah dan mau diajak untuk melakukan perubahan kedepannya,” terang Suhartini yang juga pengguna aplikasi NilaiKu.
Menurutnya kekompakan bisa terjadi apabila masayarakat mau dibimbing melakukan suatu kegiatan. “Misalnya tentang pemanfaatan pekarangan, nih. Kalo dari mereka saja tidak ada keinginan untuk dibina maka sulit bisa berhasil jadi PPL pak, untuk itu kita sebagai PPL harus proaktif! dari masyarakatnya juga punya semangat ekstra dalam membangun, baik secara offline maupun online,” pungkas Suhartini kepada nilaiku.id (18/10). Lihat modal Sosial Suhartini di sini: Modal Sosial
Ada sebuah permainan olahraga bola besar yang menggunakan tangan dan anggota tubuh lainnya, di mana dalam olahraga ini para pemainnya sama sekali tidak pernah kontak fisik seperti layaknya kita temukan dalam permainan sepak bola karena para pemainnya hanya boleh berada di area permainannya sendiri, sehingga adanya pertandingan persabatan sangat cocok dalam olah raga ini, ituah olah raga volly Ball atau Bola Voli.
Bola Volley ini awalnya bernama Mintonette, diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga, yakni baseball, bola tangan, bola basket dan tenis,
Di desa-desa, olahraga bola voli ini masih menjadi kegemaran, tak jarang dilakukan oleh anak-anak muda dan para orang tua yang masih sanggup melakukannya.
Selain menjadi salah satu olah raga dalam menunjang kebugaran, bola voli di kampung-kampung menjadi pilihan sebagai hiburan warga, terutama ketika ada turnamen dan kompetisi antar kampung, warga akan dengan ska cita menyempatan diri menonton turnamen tersebut guna memberikan dukungan bagi tim kampung kesayangannya masing-masing.
Salah satunya tampak di daerah Garut, tepatnya di Kecamatan Samarang, grup bola voli El-Visi masih sangat aktif melakukan kegiatan bola voli ini.
“Jika tidak diundang, kami yang giliran mengundang untuk melakukan pertandingan persahabatan antar kampung. Undang pun bisa datang ari luar kecamatan, misalnya kecamatan Tarogong, Pasir Wangi dan lain-lain. Awalnya Elvisi bernama Ladok, dua tahun ini kita ganti biar nggak kalah melulu! hahaha,” ucap Warstito, Sahabat NilaiKu Garut sambil berkelakar menjelaskan ikhwal pergantian nama grup.
Ketika ditanya ikhwal memasang logo NilaiKu di kaos tim voli Warsito menjawab, “Oh, iya! Kami ini kan pemainnya rata-rata para pengguna aplikasi NilaiKu, jadi dengan memasang logo NilaiKu di kaos tim Elvisi, kami ingin membuat orang penasaran dan tahu apa sih NilaiKu, setidaknya selalu ada yang bertanya seusai pertandingan, saya bilang NilaiKu adalah aplikasi untuk promosi bagi para petani dan UMK, cari aja di PlayStore dan instal,” terang Warsito kepada nilaiku.id (1/10/21).
Warsito menjelaskan bahwa tim voli dibentuk kembali dalam rangka mempersatukan dan menguatkan ikatan silaturahmi warga, terutama para petani yang tergabung di kelompok Sari Tani yang telah berhasil menghasilkan padi terbaik di Kabupaten Garut.
“Sengaja kita pasang logo secara swadaya di kaos tim voli, biar yang lain juga pakai NilaiKu gitu, karena kita telah merasakan manfaat aplikasi ini,” pungkas Warsito. Terimakasih banyak atas logo yang terpasang di kaos tim voli Elvisi. Semoga Elvisi semakin maju berprestasi! Olahraga selalu mengandung nilai-nilai sportivitas, kebersamaan, kekeluargaan dan semangat kerjasama. Salam olahraga, Salam Lima Jari! Pakai Terus NilaiKu.
“Hanya Allah yang tau, yang jelas saya tetap Jualan”
Begitulah judul yang disematkan dalam sebuah narasi yang ditulis oleh Sahabat NilaiKu di Pasaman Barat dalam sebuah postingan di salah satu Whatsapp Grup NilaiKu.
Apa yang disampaikan Lusi Intan Sari, ibu rumah tangga yang kerap menuliskan kalimat-kalimat inspiratif dalam berbagai hal, baik di KabarKu beranda aplikasi NilaiKu maupun di beberapa platform sosialmedia lainnya ini, mungkin merupakan sebuah kegundahannya yang bisa jadi merupakan kegundahan kita semua atas kondisi yang terjadi saat ini dalam menyikapi berbagai persoalan, termasuk sikap atas kondisi usaha bagi beberapa pelaku usaha di negeri kita dengan status pandemi yang tak kunjung usai, hal ini tampak dalam isi postingan tersebut:
“Setuju yaa teman-teman? Jangan jadikan faktor yang tidak bisa kita mengaturnya menjadi hambatan, jadi tidak semangat berusaha dan sebagainya. Jika khawatir ketemu banyak orang, kenapa tidak online saja. Masih banyak jalan menuju Roma, masih ada Nilaiku yang bisa digunakan dimana saja. Jika orang bisa, kenapa kita tidak bisa? Kalau ada kendala sampaikan ya Bapak/Ibu dan teman-teman semuanya,” tulis Lusi, solutif mencoba menyuntikan mood booster bagi kawan-kawannya.
Walaupun tidak bisa digerelasir, apa yang coba ia sampaikan adalah fakta, bahwa saat ini ada ketakutan dan rasa khawatir yang dirasakansebagian orang dalam menyikapi masa-masa sulit ini, takut bergerak, takut tertular wabah, takut memulai hal baru, takut mengambil keputusan, takut gagal dan lain sebagainya.
Tetapi, di balik itu semua sebagian lainnya ternyata tetap memiliki dan memupuk optimisme, rasa semangat dalam melangkah, dimana berbagai hambatan yang ada tidak dijadikannya penghalang, baik dalam melakukan aktivitas sehari-hari maupun dalam melakukan aktivitas usaha agar tetap memenuhi kebutuhan hidup dan mengais pundi-pundi rupiah.
Semua orang tentu faham dan bisa melihat kenyataan bahkan merasakan, bahwa usaha yang dilakukan secara offline terutama bagi para pelaku usaha kecil mikro adalah yang paling terdampak oleh adanya pandemik ini. Dan, solusinya adalah seperti apa yang dikatakan Sahabat NilaiKu Pasaman Barat tersebut, memupuk rasa optimis dan beralih ke cara-cara online dalam berusaha, dimana MicroAid mewadahi dan mensupport apa yang ingin dilakukan para petani dan pelaku UMK dalam mempromosikan produk usahanya agar tetap berjalan melalui aplikasi NilaiKu.
“Masih banyak jalan menuju Roma, masih ada Nilaiku yang bisa digunakan dimana saja. Jika orang bisa, kenapa kita tidak bisa?” pertayaan sederhana ini pasti ada jawabannya. Pakai terus NilaiKu, download di sini: NilaiKu MicroAid.
“Kuambil bambu sebatang, kupotong sama panjang, kutimbang dan kuikat dengan benang, kujadikan layang-layang”.
Begitulah lirik lagu Layang-layang yang diciptakan oleh pak Kasur, komposer yang juga merupakan salah satu tokoh pendidikan di Indonesia, beliau menggambarkan betapa sederhananya proses membuat layang-layang dengan hanya berbahan dasar bambu, kertas dan benang.
Meski demikian butuh keahlian khusus dalam membuatnya agar seimbang pada saat diterbangkan.
Adalah Gern Boriel, Sahabat NilaiKu Garut, beberapa hari lalu mempromosikan layang-layang produk saudaranya, ia memposting gambar layang-layang melalui aplikasi NilaiKu dan kemudian secara spontan Jalu Wardhana memesan beberapa buah layangan, Gern bersaudara akhirnya membuat layang-layang sesuai pesanan Jalu Wardhana yang meminta gambar custom yakni bergambar logo NilaiKu.
Tak, berhenti di sana, Gern kembali membagikan layang-layangnya di WAG NilaiKu, gayung pun bersambut! Lusi Intan Sari, Sahabat NilaiKu di Pasaman Barat meminta Gern membuat 20 unit layangan bergambar logo PMI, dan mereka menyanggupi, akhirnya layang-layang pun terbang tinggi bersama NilaiKu ke pulau Sumatera. Lihat link Modal Sosial Gern: Klik di Sini
Anda ingin menikmati bagaimana susasana desa saat layang-layang diterbangkan? Tonton video berikut:
Melakukan promosi adalah sebuah keharusan bagi para pemilik usaha, baik usaha besar, kecil ataupun UMK selalipun, sehingga produk kita dapat dikenal lebih luas dan jumlah pembeli pu meningkat agar kemungkinan terjadinya transaksi dan naiknya omset bisa tercapai.
Sebagai aplikasi yang diperuntukan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan para petani, NilaiKu memilki karakter tersendiri yang sangat berbeda dengan aplikasi jualan online lainnya, selain Anda bisa berpromosi dalam memperkenalkan produk dengan brosur yang diistilahkan KBD (Kartu Bisnis Digital), Anda juga bisa berinterkasi dengan para pengguna lainnya melalui fitur KabarKu, PesanKu dan JalinanKu. Jika Anda penasaran ingin merasakan bagaimana unikya aplikasi NilaiKu ini, Anda harus mendapatkan pengalaman itu sendiri dan bisa langsung download di link berikut: PlayStore
Dalam berpromosi dan atau berjualan online, tentunya setiap orang mempunyai strategi jitu-nya masing-masing untuk mendekati calon pelanggan dan konsumen, tetapi dengan menggunakan aplikasi NilaiKu ada baiknya Anda meperhatikan beberapa hal berikut ini:
Pastikan Gambar Sesuai dengan Produk Asli
Saat seseorang berbelanja secara konvensional katakanlah di pasar tradisional atau toko kelontongan, ia bisa melihat barang yang ingin dibeli secara langsung maka kondisi barang relatif terjamin karena sudah jelas terlihat. Maka dengan demikian, pastikan Anda menjamin foto produk atau gambar barang yang tertera di KBD adalah sesuai dengan aslinya, dan berikan juga jaminan rasa percaya kepada calon konsumen Anda.
Beri Deskripsi yang Lengkap dan Singkat
Tuliskan informasi yang lengkap, detail namun sesingkat mungkin sehingga calon pembeli dapat mengetahui dengan pasti spesifikasi produk Anda, diantaranya; bila itu produk makanan maka informasi berdasarkan jenis produk, varian, rasa, bahan baku, nilai gizi, masa kadaluwarsa dan lain-lain pastikan tercantum dalam desripsi. Keterangan tersebut bisa juga dicantumkan pada label kemasan produk Anda.
Isi postingan di KabarKu dengan konten informatif, kreatif & Berfaedah.
Konten jadi salah satu kunci bisnis online, dengan postingan yang tampil di lini masa yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda seperti foto produk dan identitas usaha sebagai konten dalam berpromosi juga penting, lho! Maka buatlah postingan yang tidak terlalu jauh dari usaha yang Anda kembangkan dengan hal-hal informatif, menarik, berfaedah bahkan menghibur.
Jangan lupa, sertakan link produk atau link modal sosial Anda untuk memancing pembeli tergerak melihat katalog produk yang Anda jual. Pastikan produk difoto dengan pencahayaan yang baik dan latar belakang yang membuat foto tetap fokus pada produk Anda.
Sering-seringlah Membagikan KBD ke Sosial Media.
Selain membuat postingan secara berkala setiap harinya dengan waktu yang terjadwal sesuai dengan target pasar Anda, konsistensi untuk tetap aktif menggunakan aplikasi dan berjejaring sosial adalah hal yang juga harus dilakukan, sehingga semakin lama calon pembeli akan semakin aware terhadap produk Anda, karena sejatinya promosi harus dilakukan secara berulang-ulang, artinya Anda harus melakukan repitisi dalam memposting promosi produk Anda, sehingga ada efek latah yang membuat calon pembeli teringat terus akan produk yang Anda jual.
Hal ini, tak jauh beda dengan iklan di TV atau radio yang seringkali memutar iklan obat sakit kepala, maka ketika Anda sering melihat atau mendengar iklan tersebut, maka otomatis saat Anda sakit kepala Anda akan ingat produk tersebut, kemudian dalam kepala Anda ada perintah untuk membeli produk tersebut.
Jangan Pelit ngasih Diskon dan Bebas Ongkir
Sebagai penjual, tentu Anda sangat tahu berapa nilai keuntungan dari produk yang Anda jual, berapa keuntungan yang ingin Anda raih.? Untuk itu sering-seringlah memberikan tawaran gratis ongkir dalam jumlah pemesanan dan jangkauan jarak tertentu, yang pasti Anda tetap memiliki selisih laba dari harga pokok penjualan produk Anda, hal ini penting untuk menggaet konsumen baru dan merawat loyalitas pelanggan.
Demikian beberapa hal sederhana yang bisa Anda dilakukan dalam berpromosi atau menjual produk dengan menggunakan aplikasi NilaiKu, tentu saja banyak hal lain yang bisa dijadikan strategi dalam memasarkan produk Anda, seperti berbagi KBD dan link modal sosial melalui pesan japri di WA dengan pendekatan pribadi dari teman ke teman dan lain-lain.
Selamat mencoba, sukses selalu dengan usahanya! Pakai terus NilaiKu! Salam lima jari.