Cara Mudah & Murah Membuat Pakan Lele

NilaiKu.id – Beternak lele bisa menjadi pilihan, bila Sahabat NilaiKu sedang mencari peluang bisnis di peternakan. Lele sering dikonsumsi oleh masyarakat, dilihat dari keberadaan warung-warung pecel lele kaki lima yang mudah kita jumpai di setiap pelosok daerah, kareba lele merupakan salah satu alternatif pangan dalam pemenuhan protein hewani yang juga dapat memenuhi nutrisi dan vitamin. Dengan begitu lele berpotensi menjadi lahan dalam mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Media untuk membudidayakan lele pun bisa disiasati dengan membuat kolam kecil yang terbuat dari tembok, kolam terpal, kolam bundar atau dengan sistem bioflok dan tidak terlalu memakan banyak lahan.

“Budidaya Ikan Lele merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dikembangkan masyarakat kita. Karena permintaan lele dari waktu ke waktu tetap tinggi. Hingga usaha ini menarik minat banyak orang untuk menggelutinya. Karena selain keuntungannya menjanjikan juga karena perawatan dan pengelolaanya juga tidak rumit,” kata laman Facebook Solusi Pertanian dan Perikanan

Laman tersebut menjelaskan budidaya lele bukan tanpa kendala, menurutnya kendala budidaya lele terletak pada harga pakan yang semakin mahal.

Budiadaya bisa dilakukan dengan kolam bundar dan atau bio

“Bahkan hampir separuh biaya yang dikeluarkan adalah untuk pos BELI PAKAN. Akan tetapi jika kita bisa mensiasati masalah mahalnya biaya pakan lele, keuntungan yang bisa diraih bisa berlipat ganda.” jelas laman tersebut.

Menurutnya, salah satu cara mensiasatinya adalah dengan membuat pakan sendiri. Langkah ini disebutkan dapat menghemat banyak biaya yang bisa dikonversi menjadi keuntungan.

“Atau kalau itu dianggap ribet, bisa juga beli pakan termurah kemudian dipermentasi untuk meningkatkan kandungan nutrisinya,” terang dia.

Cara Pembuatan Pakan:

Siapkan bahan-bahan yang terdiri dari:

1. Dedak halus (karbohidrat)

2. Tepung kedelai / ampas tahu (protein)

3. Tepung jagung (karbohidrat)

4. Bekicot/cacing(protein)

5 .Tepung daun pepaya, lamtoro, rumput Azzola (additive)

6. Tepung ikan (protein)

7. Minyak ikan.

Proses Pembuatan:

Atur komposisinya paling tidak 3 macam. Misal: 1-2-4-5. dedak-tepung kedelai-bekicot+minyak ikan. Semua bahan dicampur. Aduk rata dgn air yang sudah diberi larutan SOC, Dan setelah itu dipermentasi/tutup rapat kedap udara selama 24 jam. Setelah selesai bisa langsung diberikan atau bisa juga dicetak seperti pelet, dijemur hingga kering.

Cara Mudah dan Murah

“Tapi kalo cara itu dianggap ribet, bisa juga pakai CARA MUDAH DAN MURAH lainnya. Yaitu kita cukup beli pelet YANG PALING MURAH. Lalu agar kandungan NUTRISINYA MENINGKAT, fermentasikan dengan larutan SOC HCS selama 2 jam,” kata dia.

Setelah dipermentasi kandungan nutrisi pelet akan meningkat. Ini tentu akan membantu pertumbuhan lele lebih cepat dan sehat. Karena kandungan probiotik SOC sudah dilengkapi nutrisi, vitamin dan mineral lengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dan juga memperbaiki pencernaannya, mempercepat proses penguraian pakan. Dan asam amino nya akan membantu penyerapan nutrisi secara maksimal.

“Dengan menyediakan sedikit waktu seperti ini, tentu akan sangat menguntungkan kita karena separoh biaya utk pakan akan masuk kantong kita! Dan ini sangat membantu banyak peternak lele untuk lebih bisa mengembangkan usahanya,” terangnya. (Lihat Sumber)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *