Bagaimanakah Cara Menjual Sisir ke Orang Botak?

Bagaimanakah Cara Menjual Sisir ke Orang Botak?

NilaiKu.id – Tiga orang calon karyawan mendapat tes kerja. Tesnya unik dan sekilas tampak sangat tidak mungkin untuk berhasil. Bagaimana bisa mereka harus menjual sisir di komplek Biara para biksu yang semuanya gundul dan tak butuh sisir? Pasti akan sangat sulit.

Kesulitan ini juga yang membuat calon pertama hanya mampu menjual satu sisir. Itupun karena belas kasihan seorang biksu yang iba melihatnya. Tapi, tidak dengαn calon kedua. Ia berhasil menjual 10 sisir, ia tidak menawarkan kepada para biksu, tetapi kepada para turis yang ada di komplek itu, mengingat angin di sana memang besar sehingga sering membuat rambut jadi awut-awutan.

Lantas bagaimana dengan orang ketiga? Ia tidak menjual sisir dengan menemui biksu dan turis satu persatu, tetapi langsung menemui kepala biara, lalu meyakinkan jika sisir ini bisa dijadikan cindera mata atau souvenir yang bagus bagi para turis yang datang ke komplek biara tersebut.

Orang ketiga tersebut berhasil meyakinkan kepala biara bahwa dirinya bisa membubuhkan tanda tangan di atas sisir-sisir tersebut dan menjadikannya souvenir para turis. Sang kepala biara pun tertarik dan kemudian setuju, lantas membeli ratusan sisir.

Apa yang sering kita anggap sebagai penghambat terbesar dalam usaha inilah yang membuat calon pertama gagal. Sementara calon kedua, sudah berpikir lebih maju. Namun ia masih terpaku pada fungsi sisir yang hanya sebagai alat merapikan rambut.

Tapi calon ketiga sudah berani berpikir tak lazim atau out of the box, bukan hanya berani berpikir bahwa sisir bukan hanya alat merapikan rambut, melainkan bisa menjadi souvenir.

Ada dan tidaknya kisah ini dalam kehidupan nyata bukan persoalan, tetapi kita bisa mengambil pelajarannya bahwa setiap orang bisa mengerahkan segenap potensi untuk mencari solusi bukan hanya terbatas otot atau bekerja atau berpikir keras, tapi juga instuisi, ilmu, pengetahuan dan kerja cerdas.

Singkatnya, naluri atau instuisi yang dikatakan ‘feeling’ oleh kebanyakan orang bila dikolaborasikan dengan tindakan yang tepat dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat maka kemungkinan besar mencapai kesuksesan bisa tercapai. Oh, ya! orang ketiga tadi mampu membuat target pasar baru dengan mengalihkan produk sebagai souvenir untuk para turis, yang awalnya tidak terpikirkan jika hanya fokus terhadap para biksu yang tak berambut.

Yuk! tentukan target pasarmu dan temukan calon pelanggan baru dengan promosi pakai aplikasi NilaiKu.

7 Tips Berbisnis di Sosial Media ala NilaiKu

7 Tips Berbisnis di Sosial Media ala NilaiKu

Nilaiku.id Sosial media punya peran penting dalam dunia usaha era digital saat ini. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dianggap lebih efektif dan efisien mengingat pengguna media sosial yang hingga sekarang terus bertambah jumlahnya. Biaya promosi pun jadi jauh lebih murah dibanding promosi di media cetak maupun media elektronik lainnya, yang sebelumnya banyak digunakan, bahkan ada yang gratis tanpa biaya seperti halnya aplikasi NilaiKu.

Berbagai platform dari mulai facebook, Instagram, Thread, tiktok, X (dulu twitter) dan lain-lain telah banyak digunakam para pebisnis untuk meluaskan jangkauan pasar, Anda pun bisa memaksimlakan platform yang ada tersebut dan menjadikan NilaiKu sebagai etalase produk-produk Anda.

Unduh NilaiKu! Jangan Penasaran

Lalu, point-point apa sajakh yang harus ada di profile sosial media Anda? Simak ulasannya sebagai berikut:

  1. Cantumkan nama brand produk yang Anda jual
  2. Cantumkan lokasi penjualan dan pengiriman
  3. Cantumkan nomor yang bisa dihubungi di biografi profil.
  4. Isi Feed media sosial Anda dengan testimoni pelanggan, story telling, info menarik dan berbagai tips lainnya yang berhubungan dengan produk Anda.
  5. Sesekali ikut tren saat membuat postingan dengan menggunakan hastag atau tanda pagar atau juga sound dan tren yang sedang viral
  6. Upload foto/video tentang produk Anda seperti; cara pembuatan, jenis produk, pembelian bahan baku, pengiriman barang dan lain-lain yang tentunya menarik perhatian pemirsa dan membuat bisnis dapat dipercaya.
  7. Selain itu, Anda bisa memasukan informasi apapun yang Anda pikir sangat perlu.

Tak bisa dipungkiri, Media sosial dapat menjangkau pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri. Tugas Anda sekarang adalah unggah foto secara rutin, sertakan deskripsi produk secara lengkap. Berikan teks promo dan program promosi jika ada atau memberikan hadiah tertentu sebagai daya tarik untuk merangsang minat dan meningkatkan konsumsi pembeli sebagai calon pelanggan baru.

Jangan lupa untuk tetap terkoneksi dengan pelanggan ketika ada produk baru atau promo program yang Anda jalankan, jalin kedekatan hubungan dengan pelanggan senyaman mungkin melalui apresiasi dengan memberikan bonus kecil-kecilan akan terasa menjadi sebuah penghargaan bagi konsumen Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis, pakai terus NilaiKu sebgai alat promosi usahamu! Dan temukan calon pelanggan barumu sekarang juga. Klik untuk instal

Kenali Strategi Content Marketing

Kenali Strategi Content Marketing

NilaiKu.id – Merangkum berbagai sumber seperti Forbes, Content Marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Namun, content marketing bukan sekadar membuat konten melainkan bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, konten yang dibuat harus relevan agar tercipta perasaan butuh dari audiens yang akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

Pikiran Rakyat Padang: NilaiKu, Platform Promosi Digital yang Berbasis Komunitas Pelaku Usaha

Pikiran Rakyat Padang: NilaiKu, Platform Promosi Digital yang Berbasis Komunitas Pelaku Usaha

NilaiKu.id – Pasca diterbitkannya Permendag No. 31 tahun 2023 merupakan revisi dari Permendag No. 50-2022 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik, menjadi nafas baru dunia usaha di Indonesia.

Dalam regulasi tersebut, penggunaan platform digital bagi pelaku UMKM menjadi tertata sehingga mampu meningkatkan daya saing terhadap potensi pemasaran bagi masing-masing pelaku usaha, termasuk usaha pertanian dan usaha keluarga.

Para pengguna NilaiKu, bukan kebetulan akhirnya bersua di Penas 2023

Namun, peluang besar itu tentu membutuhkan ikhtiar yang besar pula termasuk pemilihan platform digital yang tepat untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan agar sesuai dengan segmentasi dan kualitas barang yang diinginkan konsumen.

Selama ini, banyak platform digital nyaris tidak membuka ruang bertemunya penjual dan calon pembeli dalam satu ruang digital pada suatu aplikasi. Jikalau pun ada, fitur tersebut belum mencerminkan adanya konektivitas yang jelas karena biasanya hanya dilayani oleh tim admin atau bahkan robot programatic.

Nah, kali ini kita akan sedikit mengupas tentang salah satu platform digital promosi produk yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis daring, NilaiKu.

Pada aplikasi itu, pihak pengembang menawarkan sebuah konsep platform digital yang bisa mempertemukan penjual dan calon pembeli dalam satu ruang digital, sehingga peluang tawar menawar atau berinteraksi bisnis antar sesama pengguna bisa dilakukan dengan mudah.

Hal itu disebabkan adanya upaya pihak pengembang dari tim global Microid, menjadikan aplikasi NilaiKu tak hanya sekadar media berpromosi secara daring, namun juga difungsikan sebagai ajang silaturahmi antar pengguna dalam suatu komunitas ruang digital yang dibuat ramah, mudah dan mampu meningkatkan hubungan kekerabatan.

Dikatakan Head Project Tim Global MicroAid, Jalu Wardhana, aplikasi NilaiKu pada mulanya muncul sebagai solusi pada saat pandemi Covid-19 yang dalam penanganannya pemerintah memberlakukan sejumlah pembatasan sosial yang ketat.

“Agar petani dan pelaku usaha rumah tangga bisa tetap berdaya, aplikasi NilaiKu menjadi sarana untuk melakukan penjualan langsung atau direct sell kepada pengguna barang atau produk yang diinginkan konsumen,” ungkapnya.

Selengkapnya baca artikel ini yang dimuat dan ditulis Pikiran Rakyat Padang, dengan Judul: Mengenal Aplikasi NilaiKu, Platform Promosi Digital yang Berbasis Komunitas Pelaku Usaha

Versi Baru NilaiKu ini Sedang Kami Nikmati

Versi Baru NilaiKu ini Sedang Kami Nikmati

NilaiKu.id– Diketahui, beberapa pengguna baru aplikasi NilaiKu membagikan postingan Pesan Promosi mereka dari aplikasi NilaiKu ke berbagai platform sosial media seperti WhatsApp dan lainnya. Tak hanya itu, pengguna aplikasi NilaiKu tersebut juga memanfaatkan fasilitas bagikan ke web katalog di aplikasi NilaiKu, web katalog ini menjembatani produk pengguna terutama produk keluarga kecil Indonesia agar bisa tampil pada sebuah website dalam hal ini di Katalog Produk nialiku.id.

Maka, tak kurang dari berbagai produk yang bisa dipromosikan melalui aplikasi nilaku seperti hasil pertanian, perkebunan, hasil bumi, industri rumah tangga, produk reseller, pakaian, kerajinan bahkan barang seken sekalipun sebagian tampak di web katalog produk. Hal ini sangat berguna bagi pelaku usaha agar produk mereka diketahui dan di jangkau lebih banyak lagi calon pelanggan.

Apa itu Katalog Produk?

Katalog produk merupakan konten pemasaran produk yang mencantumkan dan menjelaskan produk atau layanan utama yang dijual oleh pelaku usaha atau perusahaan, yang didalamnya mencakup fitur produk, berat, satuan, dimensi, harga, pilihan, ketersediaan produk, bahkan ulasan dan lain-lain.

Katalog produk bisa berbentuk digital yang saat ini cenderung dipilih banyak orang karena efektif dan efisien, tetapi kita bisa juga menemukannya dalam bentuk fisik ataupun brosur-brosur, contohnya yang biasa dibagikan oleh pekerja Indomaret atau Alfamart dan lainnya. Distribusi katalog ini bisa melalui penjualan langsung ke pelanggan melalui postingan sosmed, kontak WhatsApp dan lain-lain atau peluang tatap muka atau digital lainnya. Dan yang paling mudah, Anda tinggal membagikannya melalui share link lewat aplikasi NilaiKu. Klik dan bagikan kemana ingin Anda bagikan.

Jalu Wardhana, Head Operational NilaiKu mengatakan bahwa lima pengguna baru NilaiKu di masa-masa pengenalan NilaiKu Segar (versi terbaru app NilaiKu) yang ada di kontaknya menggunakan fitur bagikan ke web katalog, hal ini menandakan adanya kesadaran akan pentingnya katalog produk mereka diketahui lebih banyak lagi calon pelanggan.

“Saya lihat mereka posting PP (Pesan Promosi) ke web katalog dan WhatsApp. Pernah saya tanya, apa pendapat mereka tentang NilaiKu Segar? Mereka jawab, sedang kita nikmati dulu,pak! Apa yang ada di versi baru ini. Kalau ada usulan akan disampaikan,” kata Jalu Wardhana saat berbincang dengan Richard Beresford, founder MicroAid melalui slack chanel.

Kenali Manfaat Menggunakan Katalog Produk

Berikut beberapa manfaat menggunakan katalog produk:

1. Menawarkan informasi
Salah satu manfaat utama katalog produk adalah jenis dokumen ini sering kali bersifat informatif bagi siapa saja yang membacanya.Hal ini dapat menjamin pelanggan mengetahui manfaat dari setiap produk.

2. Menyederhanakan siklus
Katalog produk dapat menyederhanakan siklus usaha dengan memberikan pelanggan semua informasi yang diperlukan sekaligus. Daripada mendeskripsikan setiap produk ketika pelanggan bertanya atau harus terus-terusan menyampaikan apa yang dirasakannya, alhasil pelanggan dapat memiliki semua informasi yang mereka perlukan tersedia di satu tempat. Hal ini dapat membuat mereka lebih termotivasi untuk membeli suatu produk jika prosesnya lebih cepat dan tidak rumit.

3. Meningkatkan tingkat konversi promosi ke penjualan
Menawarkan informasi tambahan akan memungkinkan pelanggan melihat-lihat produk di waktu luang dari berbagai kasus dapat meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda, dikarenakan pelanggan dapat merasa lebih aman tentang pembelian mereka ketika mereka mendapat lebih banyak informasi. Katalog dapat menaikan kepercayaan diri calon pelanggan terhadap produk yang mereka inginkan.

4. Meningkatkan citra produk Anda
Katalog produk dapat memberikan peluang bagi perusahaan untuk memperkuat upaya branding visualnya sebagai perpanjangan yang jelas dari produk dan usaha Anda. Hal ini dapat memperkuat identitas tersebut dan menampilkannya kepada calon pelanggan.

5. Distribusi Cepat & Peluang naikmya penjualan.
Katalog dapat dengan mudah menjangkau pelanggan. Dengan katalog digital Pesan Promosi NilaiKu, dapat Anada kirimkan melalui platform media sosial. Anda dapat dengan mudah mengirim salinan tautan, membagikannya kepada pelanggan secara langsung, atau mendistribusikannya ke berbagai kontak perpesanan Anda.

Kemudahan distribusi ini memungkinkan Anda dengan cepat mendistribusikan katalog dalam jumlah besar ke pelanggan saat ini, pelanggan lama, atau calon pelanggan. Mengirimkannya ke lebih banyak orang dapat menghasilkan peningkatan penjualan produk dengan meningkatkan peluang konversi penjualan.

6. Memperkuat identitas produk dan usaha Anda
Bergantung pada identitas perusahaan, katalog produk dapat membantu menceritakan kisah lengkap kepada pelanggan. Misalnya, jika identitas merek mengharuskan merek transparan dan informatif, katalog produk yang jelas dan terperinci dapat membantu mempromosikan gagasan tersebut.

Baik pelanggan sudah familiar dengan suatu merek dan kisahnya atau baru pertama kali mendengarnya, katalog produk yang ditulis dengan baik dapat memperjelas kepada pelanggan jenis merek tersebut. Hal ini dapat menunjukkan bagaimana rasanya bekerja dengan perusahaan di masa depan.

7. Memusatkan informasi produk
Katalog produk dapat memberikan peluang bagi usaha Anda untuk memusatkan informasi produk dari berbagai sumber ke dalam satu tempat. Dengan cara ini, katalog produk menjadi sumber informasi produk yang memberikan kemudahan akses katalog bagi calon pelanggan dan Anda sendiri sebagai pemilik usaha.

8. Gampang dibagikan dan direkomendasikan
Manfaat lain dari katalog produk adalah dapat dibagikan dengan mudah kepada pelanggan. Terutama menggunakan format digital pesan promosi aplikasi NilaiKu di era internet seperti sekarang, pelanggan pun dapat membagikan apa yang mereka temukan di katalog Anda dengan meneruskan salinan tautan ke teman-temannya bahkan bisa saja mrekomendasikan produk Anda.

Hal ini dapat membantu perluasan jangkauan usaha Anda tanpa melakukan pekerjaan tambahan atau menggunakan tenaga orang lain yang ahli. Dan membuat katalog yang menarik, dinamis, dan mudah dibaca dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan ingin membaginya dengan calon pelanggan lainnya.

9. Membujuk pelanggan dengan gambar produk
Salah satu manfaat menggunakan katalog produk sebagai strategi pemasaran utama adalah mereka dapat menggunakan citra yang kuat dan efektif untuk meyakinkan calon pelanggan Anda agar membeli produk Anda. Pelanggan mungkin termotivasi untuk membeli produk setelah melihat gambar produk yang menarik dan berkualitas dan bisa jadi pelanggan senang menggunakan produk tersebut.

10. Menyediakan pilihan kebutuhan pelanggan
Katalog produk seringkali dapat disesuaikan, di mana Sahabat NilaiKu bisa menambah atau mengurangi informasi apa pun yang sesuai kebutuhan.

11. Mudah diperbaharui
Setelah Anda membuat Pesan Promosi NilaiKu dan menampilkannya di Web katalog produk unggulan Anda, Anda dapat dengan mudah memperbaruinya di aplikasi NilaiKu bila Anda menginginkan pembaharuan produk atau gambar produk berikut deskripsinnya, bahkan untuk sekedar mengganti harga dengan harga yang baru.

Bagaimana, Keluarga Indonesia? Sudahkah produk Anda tampil di web Katalog Produk NilaiKu? Jika belum, segera manfaatkan fitur ini, selain dapat menunjang usaha Anda, yang pasti gratis! Sama sekali tanpa biaya. Demi kemajuan keluarga kecil Indonesia.

Pakai NilaiKu sekarang juga!

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi

Terakhir diperbarui: 31 Agustus 2023

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari Situs & Aplikasi NilaiKu sebagaimana tercantum dalam “Syarat & Ketentuan” dan informasi lain yang tercantum di Situs & Aplikasi) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada NilaiKu atau yang NilaiKu kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs & Aplikasi, mengakses Situs & Aplikasi, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs & Aplikasi (selanjutnya disebut sebagai “data”).

Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan NilaiKu, Pengguna menyatakan bahwa setiap data Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada NilaiKu untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan NilaiKu.

Perolehan dan Pengumpulan Data Pengguna

NilaiKu mengumpulkan data Pengguna dengan tujuan untuk mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs & Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

  1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:
    1. Membuat atau memperbarui akun NilaiKu, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan lain-lain;
    2. Menghubungi NilaiKu, termasuk melalui layanan pengguna;
    3. Mengisi survei yang dikirimkan oleh NilaiKu atau atas nama NilaiKu;
    4. Melakukan interaksi dengan Pengguna lainnya melalui fitur pesan, diskusi produk, ulasan, rating, Pusat Resolusi dan sebagainya;
    5. Mempergunakan layanan-layanan pada Situs & Aplikasi, termasuk data transaksi yang detil, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli, alamat pengiriman, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya, dan/atau
    6. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna.
  2. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Situs & Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
    2. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;
    3. Data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs & Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
    4. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs & Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;
    5. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau Situs & Aplikasi atau layanan pihak ketiga yang Anda gunakan sebelum berinteraksi dengan Situs & Aplikasi.
  3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk:
    1. Mitra usaha NilaiKu yang turut membantu NilaiKu dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs & Aplikasi kepada Pengguna, antara lain mitra penyedia layanan pembayaran, logistik atau kurir, infrastruktur Situs & Aplikasi, dan mitra-mitra lainnya.
    2. Mitra usaha NilaiKu tempat Pengguna membuat atau mengakses akun NilaiKu, seperti layanan media sosial, atau Situs & Aplikasi/aplikasi yang menggunakan API NilaiKu atau yang digunakan NilaiKu;
    3. Penyedia layanan finansial, termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biru pemeringkat kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP);
    4. Penyedia layanan pemasaran;
    5. Sumber yang tersedia secara umum.

NilaiKu dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

Penggunaan Data

NilaiKu dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs & Aplikasi, termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada Pengguna.
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk:
    1. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan marketplace, asuransi, pembiayaan, pinjaman, maupun produk-produk lainnya melalui Situs & Aplikasi;
    2. Memungkinkan fitur untuk mempribadikan akun NilaiKu Pengguna, seperti UsahaKu & Mitra Bisnisku; dan/atau
    3. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Situs & Aplikasi/aplikasi NilaiKu, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan NilaiKu, diantaranya untuk:
    1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    2. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Layanan Pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan; dan
    3. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan NilaiKu.
  4. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala.
  5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan keamanan layanan-layanan pada Situs & Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru.
  6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Situs & Aplikasi maupun melalui media lainnya. NilaiKu juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan NilaiKu dan mitra usahanya.
  7. Dalam keadaan tertentu, NilaiKu mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan NilaiKu.

Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

NilaiKu menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Anda, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan adanya pengungkapan data Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu NilaiKu dalam menyajikan layanan pada Situs & Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs & Aplikasi, termasuk memproses verifikasi dan lain-lain.
  2. NilaiKu dapat menyediakan informasi yang relevan kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau Situs & Aplikasi lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana NilaiKu telah bekerjasama untuk mengantarkan promosi, kontes, atau layanan yang dikhususkan
  3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha NilaiKu dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
  4. NilaiKu dapat menyediakan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma riset, atau penyedia layanan sejenis.
  5. Pengguna menghubungi NilaiKu melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs & Aplikasi, komunikasi antara Pengguna dan NilaiKu mungkin dapat dilihat secara publik.
  6. NilaiKu dapat membagikan informasi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama NilaiKu.
  7. NilaiKu dapat membagikan data atau informasi Pengguna yang diperlukan dalam rangka kelayakan kredit kepada lembaga atau biro pemeringkat kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP).
  8. NilaiKu mengungkapkan data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum.

Cookies

  1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu Situs & Aplikasi.
  2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
  3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke Situs & Aplikasi).
  4. NilaiKu dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten NilaiKu, termasuk diantaranya ialah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Anda tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Anda dapat mengaturnya melalui browser.

Pilihan Pengguna dan Transparansi

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS, Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga aplikasi NilaiKu tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi NilaiKu pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi NilaiKu pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap Kebijakan Privasi.
  2. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur Pengaturan pada Situs & Aplikasi.
  3. Pengguna dapat menarik diri dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh NilaiKu melalui fitur Pengaturan pada Situs & Aplikasi. NilaiKu tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna.
  4. Sejauh diizinkan oleh ketentuan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi NilaiKu untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs & Aplikasi maupun layanan NilaiKu lainnya.

Penyimpanan dan Penghapusan Informasi

NilaiKu akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.

Pembaruan Kebijakan Privasi

NilaiKu dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. NilaiKu menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs & Aplikasi maupun layanan NilaiKu lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.

Mahani: Berkat NilaiKu Percaya Diri Meningkat!

Mahani: Berkat NilaiKu Percaya Diri Meningkat!

NilaiKu.id –  Mahani (48) Sahabat NilaiKu Lombok Timur, pada Rabu, 23 Agustus 2023 berkesempatan mengikuti pertemuan melalui Zoom meeting dalam rangkaian Workshop Nasional Koordinasi dan Diseminasi Hasil IPDMIP yang digelar di Grand Mega Resort & Spa Bali, Denpasar Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Di mana Workshop ini bertujuan untuk mengkomunikasikan dan mendiseminasikan hasil-hasil yang telah dicapai oleh IPDMIP dalam peningkatan pendapatan pertanian beririgasi, best practices, pelajaran terpetik dan perubahan-perubahan apa yang paling bermakna dari penerima manfaat IPDMIP. Acara ini akan dihadiri oleh semua pemangku kepentingan di tingkat pusat dan 13 perwakilan pemerintah provinsi dan 72 pemerintah kabupaten lokasi IPDMIP digelar hingga 26 Agustus mendatang.

Mahani, pengguna aplikasi NilaiKu yang selama ini dikenal sebagai pengurus KWT Tetu-tetu di desa Lendangnangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu daerah lokasi IPDMIP, berhasil membuat produk olahan cabai dan tomat beserta puluhan anggota KWT lainnya dan berhasil memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia secara online.

Di hadapan pemangku kepentingan yang hadir, melalui zoom meeting ia menjelaskan bahwa sebelum mengenal NilaiKu, cara memasarkan produk dilakukan lewat metode konvensional yakni menjajakan dan memajang produk olahan cabai dan tomat mereka di toko dan bazaar, atau pameran-pameran. Itu pun bila kebetulan sedang diadakan event atau eksibisi.

Coba NilaiKu

“Saya sampaikan kendalanya waktu itu bahwa penjualan produk hanya sebatas kepada teman, kerabat dan saudara yang berada di pulau Lombok. Selain itu, akses informasi dan teknologi pertanian dan usaha mikro juga sangat terbatas,” kata Mahani kepada NilaiKu.id, “ Namun setelah mengenal NilaiKu beberapa tahun lalu, dan kami aktif menggunakannya, penjualan produk KWT Tetutetu pun naik signifikan,” imbuhnya.

Menurut Mahani, dengan adanya NilaiKu maka ia rajin mempromosikan produknya ke berbagai platform sosial media sehingga dengan pemasaran online ini bisa meningkatkan produksi, penjualan dan pendapatannya.

Tak hanya itu, di aplikasi NilaiKu pun terbentuk ekosistem digital, di mana pertemanan semakin luas dengan bertambanhya teman online baru yang menimbulkan rasa senang dan kepercayaaan diri, produk yang dipasarkan secara online pun dilihat dan dilirik lebih banyak orang lagi.

Mahani bersama petugas penyuluh pertanian (Kanan Tengah)

“Ada yang bertanya saya lupa namanya, mengapa tidak dipasarkan melalui tiktok? Saya bilang biar di sana yang muda-muda saja yang suka joged-joged. Karena kalau melalui NilaiKu saya bisa membagikan pesan promosi melalui facebook atau membagikannya lewat instagram. Di NilaiKu ‘kan ada grup WA  dan Facebook jadi kita bisa saling tukar pengetahuan dan teknologi tentang pertanian dan usaha mikro melalui whatsapp dan media sosial” jelas Mahani.

Dalam rangka penutupan (project closure) Program Integrated Participatory Development an Management Irrigation Project (IPDMIP), khususnya terkait dengan komponen Peningkatan Pendapatan Pertanian Beririgasi dengan sumber pendanaan dari pinjaman dan International Fund for Agricultural Development (IFAD), Pusat Penyuluhan Pertanian selaku National Project Implementing Unit (NPIU), akan menyelenggarakan Workshop Nasional Koordinasi dan Diseminasi Hasil IPDMIP.

Kenali! 4 Jenis Cabe Indonesia Paling Pedas

Kenali! 4 Jenis Cabe Indonesia Paling Pedas

Nilaiku.id – Masyarakat Indonesia mengenal beragam jenis sambal yang seringkali melengkapi hidangan saat makan, dengan rasa pedas sambal yang berasal dari cabai menjadikan acara makan lebih bergairah, nikmat dan lahap. Bahkan, pada tradisi masakan Sumatera, rasa pedas seperti sebuah keharusan ada pada banyak jenis masakan pelengkap nasi dan lain-lain. Tak heran, masakan Sumatera pun banyak digemari oleh masyarakat etnis lainnya di Indonesia. Apakah hal ini menandakan masyarakat Indonesia penggemar rasa pedas?

Bila dilihat dari konsumsi cabai dan mahalnya harga ketika sedang langka, kemungkinan bisa dikatakan demikian. Tapi, tahukah Anda? Jenis cabai apa yang paling pedas di Indonesia? Mari kita runut satu persatu.

1.Cabai Gendot.

Cabe Gendot

Melansir urbanina.id, Cabai gendol atau cabai gendot (Capsicum chinense; dikenal pula dengan sebutan Habanero) adalah salah satu spesies cabai dari Capsicum.

Cabai ini berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala Scoville.

Di Indonesia, cabai jenis ini di Jawa Barat dinamakan cabai gendot atau cabai bendot, sedangkan di Jawa Tengah dinamakan cabai gendol.

Dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung. Untuk penanaman di Pulau Jawa sendiri persebaran cabai ini sebatas perkebunan di sekitar Bandung dan di sekitar Dieng, Jawa Tengah. Beberapa literatur menyebutkan, level kepedasan cabai gendot mencapai 100.000-350.000 SHU (skala Scoville), maka bisa dibayangkan, satu buah cabe saja akan membuat lidah kepanasan bila Anda memakannya langung bersama tahu Sumedang, misalnya.

2. Cabai Domba

Diantara sekian banyak cabe yang populer di Indonesia dengan tingkat pedas luar biasa adalah yang biasa disebut cabe rawit domba atau cabai Domba. Cabe ini punya ciri khas warna merah oranye cerah dengan ukuran yang lebih besar dari cabai rawit kampung berwarna hijau. Cabai yang banyak ditemukan di Jawa Barat ini memiliki tampilan agak gemuk memanjang dengan ujung yang tumpul. Warnanya pun lebih beraneka ragam, ada yang oranye, hijau pucat, hingga putih. Level kepedasan cabe Domba mulai dari 50.000-100.000 SHU, rasa pedasnya lebih bisa diterima oleh lidah dan banyak digunakan para pedagang makanan seperti Pecel Lele dan ayam Geprek.

3. Cabai Hiyung

Cabai Hiyung ( Sumber: Goodnews From Indonesia)

Sesuai namanya, cabai ini berasal dari Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, sehingga cabai tersebut diberi nama cabai Hiyung. Saat ditanam di tempat lain, menurut beberapa keterangan seperti para petani mengatakan rasanya menjadi kurang pedas, bahkan cenderung tidak pedas. Sehingga Jika Anda ingin merasakan pedasnya Cabai Hiyung secara otentik harus mendapatkan cabai Hiyung dari daerah asalnya.

Penanaman Cabai Hiyung juga terbilang lebih unik dibandingkan penanaman cabai rawit pada umumnya, karena mulsa sebagai material penutup tanaman budidaya yang digunakan berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman, bukan dari plastik. Fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat.

4. Cabai Jawa

Cabe Jawa

Apakah Anda cukup familiar dengan jenis Cabe Jawa? Cabe Jawa dikenal juga sebagai cabai jamu, bentuknya ramping memanjang dengan permukaan yang berbulir kasar. Cabe Jawa pun tidak tampak seperti jenis cabai pada umumnya, tumbuhnya pun seperti sirih.

Cabai ini lebih sering digunakan sebagai obat-obatan herbal untuk menyembuhkan demam, meluruhkan batu ginjal, hingga meningkatkan stamina pria. Untuk itu, maka cabe Jawa sering disebut dengan cabe Jamu. Cabai Jawa juga dapat menghasilkan rasa hangat di badan sehingga cocok dikonsumsi untuk menghalau rasa dingin.

Selain rasa pedasnya yang disebut mirip seperti cabai rawit, keunikan cabai Jawa terletak pada penyajiannya yang harus dikeringkan terlebih dahulu.

Selain itu, ada juga cabe Japlak yang terkenal cukup pedas! Namun, pedasnya cabe-cabe tersebut bisakah mengalahkan pedasnya komentar netizen?

Cabe Japlak

Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat KUR

Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat KUR

Nilaiku.id – Melansir laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ekon.go.id, dikatakan bahwa kontribusi besar UMKM terhadap perekonomian nasional menggerakkan Pemerintah untuk terus mendukung UMKM dapat naik kelas, diantaranya melalui penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Untuk tahun 2023, Pemerintah telah meningkatkan target penyaluran KUR menjadi sebesar 450 triliun rupiah. Seluruh stakeholder digerakkan agar target penyaluran KUR dapat tercapai seiring dengan manfaat yang diterima oleh para pelaku UMKM.

Siaram Pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga berkesempatan menghadiri Pameran Produk Unggulan UMKM Debitur KUR yang dikemas dalam acara UMKM BERSUKUR (Bercerita Sukses KUR) dan kegiatan produksi pada sebuah kabin pesawat yang telah dirombak untuk tempat pameran cara produksi UMKM.

”Barusan ada akad kredit dari dua peserta prakerja yang tadi dalam acara sebelumnya meminta modal kerja, dan alhamdulillah hari ini sudah diadopsi oleh BNI dan BSI. Jadi ini membuktikan bahwa kredit KUR itu mudah untuk didapat dan prosesnya juga mudah, apalagi kalau sudah punya referensi, salah satunya adalah lulusan-lulusan dari Kartu Prakerja,” ungkap Menko Airlangga dalam acara Pameran yang bertajuk UMKM Maju dan Terbang Tinggi bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Cobain NilaiKu

Secara nasional, realisasi penyaluran KUR sepanjang tahun 2023 sampai dengan 12 Juni 2023 telah mencapai 87,48 triliun rupiah dan diberikan kepada 1,6 juta debitur. Khusus di Kota Cirebon, KUR telah terealisasi sebesar 63 miliar rupiah untuk 942 debitur.

Pemerintah juga terus mendorong para pelaku UMKM di segala sektor untuk memanfaatkan KUR yang disediakan Pemerintah agar permodalan tidak lagi menjadi hambatan UMKM untuk naik kelas.

”Sektornya terbuka luas, seperti tadi UMKM diberikan seluas-luasnya dan semudah- mudahnya. NPL relatif kecil, satu koma sekian persen,” pungkas Menko Airlangga.

Pada kesempatan yang sama, Menko Airlangga menyaksikan penyaluran KUR Super Mikro, penyerahan secara simbolis penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan santunan program Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan, dan penyerahan santunan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaan.

”Pemerintah berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong semangat UMKM di Indonesia, khususnya di wilayah Cirebon dan sekitarnya, untuk terus meningkatkan kelas usahanya melalui KUR dan ’terbang tinggi’ maju menjadi pengusaha yang hebat di masa yang akan datang. Kemenko Perekonomian sebagai fasilitator dan katalisator berkomitmen untuk senantiasa mendorong terwujudnya cita-cita UMKM untuk semakin maju dan sejahtera,” kata Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Ferry Irawan.

Pelaku UMK, Sahabat NilaiKu Lombok Timur

Program KUR

Melansir Kontan.co.id, pemerintah menaikkan target penyaluran KUR 2023 menjadi Rp 460 triliun dari sebelumnya Rp 373 triliun di 2022. Salah satu yang mendapatkan mandat penyalurannya adalah BRI. 

Plafon pinjaman KUR Mikro Bank BRI maksimal Rp 50.000.000 dan plafon pinjaman KUR Kecil Bank BRI Rp 50.000.000–Rp 500.000.000. Sementara plafon pinjaman KUR TKI Bank BRI maksimal Rp 25.000.000.

Anda tertarik melakukan pengajuan KUR BRI? Berikut penjelasan soal masing masing jenis pinjaman:

KUR Mikro BRI

  • Maksimal pinjaman sebesar Rp 50.000.000 per orang. 
  • Terdapat 2 jenis pinjaman yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimal masa pinjam 3 tahun dan Kredit Investasi dengan maksimal masa pinjam 5 tahun. 
  • Suku bunga 6% efektif per tahun. 
  • Bebas biaya administrasi dan provisi. 

KUR Kecil BRI

  • Plafon pinjaman Rp 50.000.000–Rp 500.000.000.
  • Terdapat 2 jenis pinjaman yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimal masa pinjam 4 tahun dan Kredit Investasi dengan manksimal masa pinjam 5 tahun. 
  • Suku bunga 5% efektif per tahun. 
  • Agunan sesuai dengan peraturan bank. 

KUR TKI BRI

  • Maksimal pinjaman Rp 25.000.000 atau sesuai ketentuan pemerintah. 
  • Suku bunga 6% efektif per tahun. 
  • Bebas biaya administrasi dan provisi. 
  • Maksimal masa pinjam 3 tahun atau berdasarkan kontrak kerja.
  • Penempatan Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Setelah memahami masing-masing jenis KUR BRI, mari simak syarat pengajuan KUR BRI, berdasarkan situs resmi BRI. 

Syarat pengajuan pinjaman KUR BRI 2023

1. Syarat pengajuan KUR Mikro BRI

  • Perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak.
  • Usia usaha aktif minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif berupa KPR, KKB dan kartu kredit. 
  • Memiliki KTP, KK dan surat izin usaha. 

2. Syarat pengajuan KUR Kecil BRI

  • Memiliki usaha produktif dan layak.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan kartu kredit. 
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan. 
  • Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin lainnya yang dapat dipersamakan. 

3. Syarat pengajuan KUR TKI BRI

  • Perorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan
  • Memiliki KTP, KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, Paspor, Visa dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan. 

Berdasarkan simulasi di situs resmi BRI, berikut ini gambaran angsuran pinjaman dalam tabel pinjaman KUR BRI 2023. Adapun bunga yang dikenakan 6% per tahun atau 0,2% per bulan.

Semoga bermanfaat, Sahabat NilaiKu, Pakai Terus NilaiKu!

Annie Mariah: Saya Rusak Baju yang Jadi

Annie Mariah: Saya Rusak Baju yang Jadi

NilaiKu.id – Sobat NilaiKu, keterampilan apapun dalam hidup sangatlah berguna, kemampuan manusia untuk bertahan hidup. Keterampilan-keterampilan itulah yang dinamakan life skill baik yang sifatnya Hard Skill dan Soft Skill. Sebuah keterampilan biasanya didapat dari pengalaman atau dipelajari melalui sekolah, latihan, kursus di lembaga pendidikan, belajar dari yang sudah piawai atau bahkan secara otodidak dilakukan secara mandiri.

Annie Mariah

Diantara sekian banyak keterampilan yang dimiliki oleh manusia, diantaranya adalah keterampilan menjahit yang sangat berguna bagi manusia agar terlindung dari perubahan cuaca dan iklim. Mempelajari cara menjahit pun ternyata bukanlah hal yang sulit dilakukan. Namun, tentu butuh usaha dan motivasi yang kuat untuk bisa menjadi mahir. Dan alangkah lebih baiknya bila keterampilan ini dikembangkan atas dasar kesukaan atau hobi dan passion.

“Sejak masa kanak-kanak saya, saya suka sekali dengan benang, jarum, kain atau alat-alat lain yang berhubungan dengan jahit-menjahit, mungkin saya lahirnya udah disediakan benang dan gunting saking sukanya saya sama menjahit,” aku Annie Mariah kepada nilaiku.id (15/6).

Twin, Pakai Outfit hasil jahitan sendiri

Annie Mariah tidak berpikir jika menjahit adalah kegiatan yang kuno dan membosankan seperti kebanyakan orang pikirkan. Di mana kebanyakan orang akan lebih memilih untuk membeli pakaian yang dijual di pasaran daripada harus menjahit sendiri.

“Saya bikin pakaian buat diri sendiri saja pada awalnya dan ternyata hasilnya bagus. Lamabat laun orang juga mulai suka dengan outifit yang saya kenakan. Lalu saya terima jahitan dari saudara dulu terus orang lain,” kisah Annie.

Dirinya menganggap jika menjahit adalah kegiatan yang menyenangkan,

“Menjahit juga merupakan kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Dulu saya sempat kerja di garmen, tapi anehnya diterima bukan di bagian Sewing,” kenang Annie.

Membuat pola

“Sejak mengenal NilaiKu, saya pun sering berpromosi ke sosial media. Akhirnya, nambah banyak kawan di aplikasi NilaiKu, dan dari sana mulailah produk saya diluncurkan sampai ke luar pulau Jawa.” terang Sahabat NilaiKu Sukabumi yang juga merupakan salah satu tim Petani NilaiKu yang sering memberikan saran bagi berkembangnya aplikasi NilaiKu.

Pakai NilaiKu Sekarang!

Bagi Annie Mariah, kegiatan menjahit dapat membantunya menjadi lebih kreatif, di mana ia mengembakan pola-pola jahitan dan bentuk pakaian dari keberaniannya ‘merusak‘ pakaian yang ada untuk ditiru polanya kemudian dijahit ulang.

“Karena menjahit kaitannya sama merancang desain, bikin pola, menentukkan warna dan ukuran. Maka, saat itu saya buka tuh jahitan-jahitan pakaian jadi dan saya ikuti polanya beberapa kali dari berbagai jenis pakaian. Akhirnya saya bisa mendsain sendiri. Kebanayakn sih pakaian wanita,” terang pengguna aplikasi Nilaiku ini.

Koleksi Annie

Tentu, tidak semua orang bisa menguasai sebuah keterampilan dalam waktu yang bersamaan, sehingga Annie pun belajar berkali-kali dari mulai gagal hingga berhasil menjadikan kain-kain yang dipola sebagai pakaian yang cantik dan pantas dikenakan. Tetapi, itu semua dapat dipelajari dan jika dilkaukan dengan konsisten maka hasilnya pun segera terlihat.

Demikian halnya dengan promosi lewat aplikasi NilaiKu. Lakukan secara konsisten dan berkala. Bagikan Pesan Promosimu ke Sosial Media dengan rajin, maka hasilnyapun bakal segera terlihat.