fbpx

Tak bisa dipungkiri Media Sosial punya banyak keuntungan bagi kamu yang berbisnis online, baik hanya sekedar untuk memperkenalkan produk, menaikan jumlah pembeli,mempertahankan langganan atau mendapatkan pembeli baru dan menaikan brand juga loyalitas pelanggan.

Dengan aktif di sosmed kamu dapat berinteraksi dengan pelangganmu bahkan memaintenance mereka, dan secara istiqomah membagikan KBD NilaiKu, mengunggah konten apa-pun baik yang berhubungan atau tidak dengan produkmu dengan konten yang menarik dan kreatif, selain responsif menjawab pertanyaan dan menanggapi keluhan pelanggan, karena tidak semua pelanggan akan memberikanmu feedback yang positif.

Beberapa diantaranya tentu akan ada yang memberikan respon negatif dan hal ini wajar-wajar saja terjadi, karena tingkat kepuasan setiap orang berbeda-beda. Tetapi, yang terpenting adalah bagaimana caramu menghadapi hal tersebut dengan cara yang benar.

“Kita bisa belajar dari komplainan, atau masukan negatif lalu mengubahnya menjadi positif, melihat berbagai kekurangan kita dan membangun usaha kita lebih baik, begitu juga dalam menghadapi keluhan pelanggan,” ungkap seorang pengusaha pakaian online di Bandung sebut namannya Aimee kepada nilaiku.id (10/05).

Menurutnya, tanggap adalah keharusan, terlebih bila kita mampu menanggapinya dengan cepat dan professional, sehingga tingkat kepercayaan konsumen terhadap profesi dan produkmu akan semakin meningkat.

“Salah satu hal yang saya lakukan, saya suka memberikan cerita-cerita ringan tapi menarik dan inspiratif di wall facebook saya, orang seneng! Koq bacanya, apa lagi jika menghibur, orang sekarang lebih banyak butuh hiburan kali, “ kata dia. Dalam berjualan, terkadang ada saat produk jualanmu sepi pelanggan, “Maka usahakan perhatiannya dengan tidak mengunjungi lapak kita, kasih hiburan dulu,” Imbuhnya.

Selain aktif di sosmed, tawarkanlah produk yang berkualitas secara berkala, ada banyak hal yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sebuah produk secara online.

“Bisa saja karena postingannya sering kita lihat dan muncul di lini masa,” kata dia.

Dengan aktif di sosial media dan cara yang tepat menagani pelanggan adalah salah satu jalan mengembangkan bisnis yang kamu jalani saat ini. Sehingga produkmu bisa terus dilirik oleh netizen dan bersaing dengan pedagang lainnya, tentu dengan informasi produk dan deskripsi yang mencukupi.

Tapi, perlu diingat! biasakan foto produkmu merupakan produk nyata kamu punya, artinya tidak diambil dari daftar pustaka foto atau produk agar pelangganmu benar-benar percaya dengan informasi tentang produk yang ingin mereka beli ternyata sebaik seperti di toko offline. Penting juga memperhatikan kualitas foto yang sangat oke untuk produk jualanmu, usahakan pengambilan gambar dilakukan sebaik mungkin dengan hasil yang bagus pula.

Yuk, aktif di sosial media dan bagikan KBD-mu ke berbagai platform sosmed biar dilirik dan mendatangkan calon pembeli! Pakai NilaiKu, Sekarang!

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita/Artikel Lainnya