fbpx

Sumber cuan bisa dari mana saja, termasuk dari hobi yang Anda tekuni. Begitu banyak jenis hobi yang pada akhirnya bisa mendatangkan cuan. Kata Cuan dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia, dan sangat erat kaitannya dengan dunia usaha. Bahasa Hokkien ini memiliki arti untung atau keuntungan, maka tak heran kata cuan ini sering digunakan oleh para pebisnis untuk menggambarkan keuntungan yang mereka peroleh.

Dan ketika sebuah hobi dapat berubah menjadi sebuah peluang usaha yang dapat mendatangkan keuntungan, mengapa tidak Anda tekuni daripada hanya menjadi sekedar hobi, Sahabat NilaiKu? Nah! Berikut ini adalah beberapa ide bisnis dari hobi yang diantaranya juga ditekuni oleh Sahabat NilaiKu di beberapa daerah:

Hobi Membuat Kerajinan Tangan Tradisional

Cocodama

Kerajinan tangan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang yang pada awalnya didasari oleh hobi dan ketertarikan, misalanya salah satu Sahabat NilaiKu di Pasaman Barat yang menekuni Kerajinan Batok Kelapa dan alat musik tradisional Sumatera Barat.

Begitu pun halnya dengan Kang Asep di Sukabumi yang membuat berbagai macam kerajinan dari sabut kelapa berupa pot bunga, ajir dan lain sebagainya. Dan yang tak kalah keren! Adalah kerajinan Cocodama yang dibuat oleh Hijrah Saputra di Aceh Besar adalah beberapa contoh bahwa sebuah hobi bisa mendatangkan keuntungan dengan memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar mereka yang sebelumnya tidak pernah dilirik karena dianggap tak berguna. Lihat Halo NilaiKu!

  • Kerajinan Bunga artificial

Bunga tiruan adalah jenis bunga yang paling awet dan tahan lama bertahun-tahun selama tidak rusak, beda halnya dengan rangkain bunga hidup yang mempercantik meja yang cepat layu, bunga pada iklim panas bunga ini menjadi pilihan bagi yang menyukai estetika dalam sebuah ruangan, selain minim perawatan hanya dengan membersihkanya saja dari debu bunga artificial bisa selalu ada mempercantik meja, lemari dan lain-lain.

Anie Mariah, Teh Cucu Sahabat NilaiKu di Sukabumi atau Fitri bdi Kabupaten Bandung adalah beberapa diantaranya yang menyediakan jasa pembuatan kerajinan rangkaian bunga artificial ini, dan produknya bisa Anda temukan di aplikasi Nilaiku. Bahkan, Sahabat NilaiKu Sukabumi ini tak segan membagikan tutorial cara pembuatan bunga pita Satin di akun youtube-nya berbagi pengetahuan dengan para pengguna aplikasi NilaiKu dan netizen lainnya. Lihat Video Klik Link Berikut: Tutorial Bunga Pita Satin

  • Hobi Merawat Tanaman di Pekarangan Rumah.
Menanam di Lantai Atas Rumah

Salah satu hobi yang ngehits selama status pandemi merebak adalah merawat tanaman, penggemar lama maupun baru seperti berlomba-lomba berburu berbagai jenis tanaman hias. Bahkan, tak hanya tanaman hias, dari jenis palawija atau sayuran pun ditanamnya di pekarangan rumah.

Ternyata merawat tanaman punya manfaat bagus buat kesehatan mental. Konon katanya,  terapi  juga melibatkan merawat tanaman (hortikultura) sudah lebih dahulu dilakukan di AS sejak abad ke-19 silam.

Jadi, selain tanaman hias memiliki nilai jual juga memberikan keuntungan untuk kesehatan, apakah Anda masih merawat anthurium, sansievera, janda bodong, bonsai dan lain-lain di pekarangan rumah Anda? Rawat terus siapa tahu tren berulang dan nilainya menjadi makin bagus.

Di Lombok Timur, adalah Suhartini salah satu sahabat NilaiKu yang rajin memanfaatkan ruang kosong untuk menanam jenis sayuran, bahkan penyuluh pertanian ini aktif menularkan semangat menanam di pekarangan rumah.

“Untuk kebutuhan dapur sendiri saja kan bisa terpenuhi, apalagi dalam jumlah banyak bisa kita jual!” ungkap Suhartini dalam sebuah kesempatan.

  • Hobi Menjahit

Orang-orang yang terampil dalam menjahit sungguh beruntung, tentu saja karena mereka bisa membuat pakaiannya sendiri. Bukan hanya untuk diri sendiri saja, mereka juga bisa membuat baju untuk anggota keluarga, pasangan, teman-teman dan banyak lagi.

Jika seseorang tahu cara menjahit, ia juga dapat membuat pakaian sendiri yang tidak jauh dari apa yang dipavoritkan banyak orang, tanpa menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli baju-baju itu. Bahkan, hobinya sudah pasti akan mendatangkan keuntungan secara finansial karena akan ada banyak orang yang membutuhkan keterampilannya, terlebih ia memiliki kemampuan menjahit dan design baju yang mumpuni.

Kamu punya keahlian menjahit? Sangat bisa jasamu kamu promosikan melalui aplikasi NilaiKu, seperti Mamah Aznie, Sahabat NilaiKu Sukabumi yang juga menekuni jahit-menjahit pakaian.

Selain keempat hobi diatas tadi, tentu saja masih banyak hobi lainnya yang bisa kamu kembangkan, seperti merajut, memasak atau membuat aksesories. Peminat aksesoris hingga saat ini masih cukup banyak, kamu dapat membuatnya dari berbagai jenis bahan yang memungkinkan baik itu kain, batok, sabut, barang-barang bekas, fanel dan lainnya yang dapat dikreasikan sesuai dengan ide yang kamu punya.

Dan, jangan lupa! Selalu promosikan hasil kerajinanmu melalui aplikasi NilaiKu! Unduh di Sini: PlayStore. MAU PROMOSI GRATIS DAN MUDAH? PAKAI NILAIKU AJA!

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita/Artikel Lainnya