fbpx

Istilah-istilah di Online Shop

Sahabat NilaiKu, tentu sering mendengar istilah COD, Retur, Reseller dan lain-lain yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis online, dimana istilah-istilah tersebut sudah sangat faimiliar dan bisa difahami dengan baik bagi yang terbiasa jual-beli online. Nah, bagaimana dengan istilah-istilah lainnya apakah sudah kamu fahami? Yuk, baca yang berikut ini yang nilaiku.id rangkum dari beberapa sumber, semoga bisa menambah perbendaharaan istilah online shop-mu dengan melakukan promosi di aplikasi NilaiKu, sehingga kamu faham semua istilah dan memperlancarkegiatan bisnismu:

Seller: Seller atau jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti penjual. Jadi, seller adalah pemilik online shop, atau pedagang itu sendiri.

Buyer/Customer
Kalau istilah ini pasti hampir sebagian besar sudah tahu kan yaa. Customer berarti pembeli atau sama saja dengan buyer.

Ready Stock: Pasti kamu sering mendengar istilah yang para pembeli yang bertanya kepada penjual, ‘barangnya ready stock kak?’. Bisa diartikan ready stock yaitu persediaan atau ketersediaan barang yang dijual.

Open PO: Open Pre Order, yang artinya barang baru bisa dipesan atau diproduksi setelah jadwal PO atau pemesanan berakhir. Kemudian barang akan dikirim setelah jadi. Sistem ini biasanya dipakai bagi yang menjual barang impor, custom, atau cake.

Out of Stock: Istilah ini menandakan bahwa persediaan sudah tidak ada lagi atau habis, baik itu di penjualnya maupun supplier.

Restock: Istilah yang satu ini tidak sama artinya dengan ready stock. Restock yaitu ketersediaan barang sudah ada lagi setelah sempat habis atau out of stock.

Reseller: istilah dari penjual yang membeli produk atau barang dari supplier, lalu dijual kembali dengan harga yang sudah dimodifikasi.

COD: Cash on Demand, yang berarti proses transaksi yang dilakukan secara bertatap muka langsung antara penjual dan pembeli sesuai kesepakatan.

Keep: Maksudnya adalah pembeli meminta penjual untuk menyimpan sementara barang yang ingin dipesan sampai waktu yang ditentukan atau disepakati.

Fullset: Artinya barang yang dijual sangat lengkap. Biasanya barang elektronik, seperti smartphone yang dijual fullset dengan charger, headset, dusbox, dan lain-lain.

Trusted
Istilah yang menandakan bahwa pelapak atau penjual tersebut terpercaya, karena punya reputasi yang baik.

Blacklist: Tanda yang mengistilahkan pada daftar hitam. Umumnya, terdiri dari daftar nama-nama pembeli atau penjual yang memiliki masalah di bisnis online. Contohnya, penipu yang sudah memesan barang tapi tidak dibayar atau sebaliknya.

BT: Kependekan dari barter atau tukar menukar barang yang tidak melibatkan uang.

TT: Singkatan dari Tukar Tambah. Terjadi pada saat ada penjual yang bersedia untuk menukar barang, namun dengan tambahan beberapa uang.

Shipping: Istilah ini diartikan sebagai proses pengiriman barang, seperti pengiriman via kantor pos atau lewat ekspedisi-ekspedisi lainnya.

Rekber: Rekening Bersama. Pada sistem pembayarannya terdapat pihak ketiga yang jadi jembatan dalam proses transaksi antara penjual dan pembeli agar lebih aman.

Dropship: Penjual barang tetapi tidak punya stock barangnya. Mereka biasanya hanya menawarkan produk melalui display foto dan deskripsi barang yang bersangkutan. Jika ada yang pesanan, penjual baru akan menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli.

Supplier
Sebutan dari pihak yang menyediakan stock barang kepada penjual, atau disebut juga pabrik.

Hit and Run
Kalau istilah satu ini bisa dibilang sama seperti penipu atau php. Pembeli akan memesan barang dalam jumlah yang banyak dan berjanji untuk membayar pada tanggal yang ditentukan. Namun, sampai tanggal tersebut si pembeli menghilang tak ada kabar.

Custom Order: Pembeli bisa mengkustom barang yang dipesan sesuai keinginan. Sistem ini banyak ditemukan pada layanan jasa.

Fix no Cancel: Istilah ini dimaksudkan bahwa barang yang sudah dipesan tidak bisa dibatalkan. Apabila pembeli membatalkan akan masuk blacklist.

Listing Fees: Istilah ini disebut juga situs perdagangan atau pelelangan online, salah satunya eBay. Disini pengguna akan dikenakan bayaran setiap kali memposting atau mengunggah foto produk.

Refurbish: Istilah dari barang daur ulang, yaitu barang-barang bekas yang sudah rusak lalu diproduksi kembali menjadi barang layak pakai untuk dijual.

RC/Recsel: Merupakan istilah dari sebutan untuk penjual yang direkomendasikan, karena dinilai terpercaya dan memiliki pelayanan yang baik.

Full Payment: Diartikan sebagai pembayaran secara penuh atau lunas.

DP/Down Payment:Pembayaran separuh atau tanda jadi

ATC: Kepanjangan adalah Add to Chart. Istilah ini sering dipakai pada marketplace atau online shop yang berbentu halaman web, dimana artinya adalah ‘masukkan ke dalam keranjang’ jika ingin memesan barang lebih dari satu jenis.

SFS: Sebutan dari Share for Share, yang artinya pihak yang bekerja sama untuk saling mempromosikan barang ataupun situs online shop mereka

Ready Supp: Yaitu ketersediaan barangnya ready, namun tidak ada pada penjual tapi di supplier. Biasanya istilah ini dipakai para reseller.

No Booked System: Artinya barang yang mau dipesan harus langsung dibayar, jika tidak nanti diambil orang lain. Tidak ada istilah keep yang diterapkan oleh penjual untuk menghindari pembeli yang hit and run.

Refund: Pengembalian uang karena adanya pembatalan transaksi oleh suatu alasan, sehingga barang dikembalikan ke penjual.

Semoga bermanfaat! Pakai terus NilaiKu untuk kelancaran promosi usahamu onlin-mu! unduh di sini: PlayStore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.