fbpx

Jika Anda pemilik usaha, baik sudah lama atau baru saja memngembankangnya, maka jaringan atau networking adalah salah satu kunci penting dalam menjalankankan bisnis atau mengembangkan usaha Anda, Sahabat NilaiKu! Terlebih, bila usaha yang Anda jalani sekarang termasuk dalam kategori usaha mikro kecil, dan usaha kecil menengah.

Menjalin hubungan baik antara sesama pemilik usaha dalam sebuah komunitas adalah sebuah keharusan, dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan, bahkan bagi kedua belah pihak.

Membangun usaha yang sukses membutuhkan waktu dan motivasi untuk berkembang, sehingga akan sangat baik bagi perkembangan usaha Anda.

“Memiliki jaringan teman dan rekan usaha, akan memberikan energi positif yang membuat kita akan semakin giat dalam menjalankan usaha, jaringan itu sangatlah penting,” demikian seseorang menjelaskan pentingnya berjejaring.

Dalam sebuah kesempatan, Richard Beresford, founder MicroAid NilaiKu berharap “Mudah-mudahan masukan saya bermanfaat.” Kata dia, “Dan ada satu cerita yang saya belum sempat sampaikan tadi di Halo NilaiKu tentang laba-laba di goa,”  Kata Richard Beresford, usai acara Halo NilaiKu melalui pesan Slack, lalu ia membagikan sebuah kisah dari cerita rakyat Inggris tempat di mana ia lahir.

Setelah Inggris berulang kali mengalahkan pasukan Skotlandia, Raja Skotlandia yang terkenal itu terpaksa bersembunyi. Legenda mengatakan bahwa ketika jiwa Robert De Bruce hancur berkeping-keping, dia berlindung di dalam sebuah gua.

Saat duduk di dalam gua, dia melihat seekor laba-laba kecil yang mencoba naik ke dinding batu gua untuk menganyam jaring.

Laba-laba itu mencoba dan gagal berulang kali. Setiap kali laba-laba jatuh dan jatuhnya laba-laba pun terus berulang, tetapi ia naik kembali untuk mencoba lagi dan lagi dengan gigih dan hingga akhirnya, sutra laba-laba pun bertahan antara dinding dan dinding, dan laba-laba pun berhasil membuat jarring tempat dirinya bisa bertahan dan bertahta.

“Seperti kita di Nilaiku di masing masing lokasi membuat jaringan,” tegas Richard. “Dan Robert the Bruce melihat dirinya bercermin dalam perjuangan laba-laba,” lanjut Richard.

 Setelah melihat laba-laba yang akhirnya berhasil membuat jaring laba-laba yang tampak indah dan mengesankan kemudian menjadi tempat tinggalnya, bahkan laba-laba pun terlihat berhasil mendapatkan mangsanya yang datang dengan sendirinya setelah jerih payah yang ia rasakan kala  membuat jaring-jaring. Robert pun menemukan inspirasi untuk kembali dan melawan Inggris meskipun ada banyak rintangan.

“Dengan inspirasi laba-laba dan jaringan, kita yakin bisa mencapai tujuan Nilaiku bersama-sama!” pungkas Richard.

Mari bergabung dengan keluarga besar NilaiKu di seluruh Indonesia! Unduh di sini atau temukan NilaiKu MicroAid di PlayStore.

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita/Artikel Lainnya