fbpx Skip to content

Burayot Namanya, Produk Khas Sahabat NilaiKu di Garut.

Setiap daerah punya keunikan tersendiri dalam budaya kuliner di Indonesia, seperti juga produk Sahabat NilaiKu Garut ini. Biasanya, kudapan yang satu ini banyak dijumpai di sekitar Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Selain terkenal dengan Dodol Garut, Domba Garut, Jaket Kulit dan Jeruk Garutnya, Garut Juga punya burayot. Namun, Burayot yang satu ini diproduksi oleh Sahabat NilaiKu, namanya Ridwan Jr yang berdomisili di wilayah Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Ridwan Jr alias Alhabsy ini merupakan salah satu pengguna aktif NilaiKu yang juga mempromosikan dan menjual berbagai produk lainnya melalui alikas NilaiKu. Klik link berikut untuk melihat profildan Modal Sosial Ridwan: https://nilai.to/modalsosial_ridwanjr

Kembali ke Burayot. Rasa burayot manis dan gurih beraroma sedap karena mengandung gula kawung atau aren, dan dibuat dari tepung beras pilihan sehingga membuat tekstur burayot enak di lidah. Rasanya akan tambah mantap bila dibarengi kopi atau teh tanpa gula.

Bahan-bahan dasar burayot yang terdiri dari tepung beras dan gula ini setelah diolah, ada pula jenis burayot  lainnya yang menambahaan kacang tanah, dan juga beras merah. Proses pembuatannya pun sederhana tumbuk beras merah menjadi tepung beras, gula merah terlebih dahulu dicairkan, kacang merah digoreng tanpa minyak atau dalam bahasa Sunda disangrai/roasting, lalu kacang ditumbuk sampai halus lalu jadi adonan. kemudian dibentuk bulat pipih lalu digoreng dengan menggunakan  minyak panas dan ditiriskan untuk mengurangi kandungan minyaknya  dengan menusuk burayot matang dengan batang bambu sekira sebesar kelingking anak kecil, ujung bambu pun dibuat  tajam dan mengecil di ujungnya agar mudah menusuk burayot, lalu diangkat ditiriskan. Ketika diangkat itulah bentuknya kemudian mengerucut di bagian atasnya dan sekaligus membesar di bawahnya menyerupai sesuatu yang menggelantung.

Dalam bahasa Sunda Burayot bisa bersanding dengan awalan nga- dan bila disatukan menjadi ngaburayot, jika diterjemahkan secara bebas artinya menggantung ke bawah karena beban berat.

Burayot, si manis beraroma sedap.

Mungkin dari sanalah awal nama burayot ini berasal, nama yang sederhana, unik, menarik dan jenaka yang biasa dijumpai dalam istilah-istilah makanan khas Jawa Barat yang juga dijual melalui aplikai NilaiKu oleh Sahabat NiaiKu di Garut dan Sukabumi, sebut saja beberapa diantaranya adalah cimin, cireng, dodol dan lain-lain.

Bila Anda belum pernah merasakan bagaimana nikmatnya menyantap burayot saat ngeteh atau ngopi panas, sambil bersantai di beranda rumah Anda pada sore atau pagi hari, maka Anda wajib mencobanya! Dijamin nagih rasanya. Anda bisa mendapatkan produk khas Garut ini dengan mengunduh aplikai Nilaiku di PlayStore, klik di sini Link PlayStore atau kik link pengguna NilaiKu berikut: Produk Burayot

Salam lima jari, pakai terus NilaiKu.

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita/Artikel Lainnya