fbpx Skip to content

BerapaTingkat Kelembaban Tanah yang Cocok untuk Tanamanmu?

Kelembaban tanah merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bidang pertanian, dengan begitu maka penting juga  untuk memperhatikan tingkat kelembaban tanah yang akan ditanami dengan bermacam-macam jenis tumbuhan sehingga para petani bisa menentukan tumbuhan apa yang cocok untuk dikembangkan dan memberikan hasil yang maksimal ketika panen. Selain itu, pola pengairan dan pengatutan kebutuha air bagi tanaman bisa diperhitungkan karena kelembaban tanah tentu sangat mempengaruhi tingkat kesuburan suatu komoditas  tanaman.

Definisi Kelembaban tanah sendiri bisa dikatakan merupakan kondisi air yang mengisi sebagian atau seluruh pori-pori tanah yang berada di suatu tempat atau wilayah. Dan definisi lain mengatakan bahwa kelembaban tanah menyatakan jumlah  atau ketersediaan air yang tersimpan di antara pori-pori tanah sebuah tempat

Curah hujan merupakan salah satu pendukung tingkat kelembaban air sebuah kawasan, selain jenis tanah, dan laju evapotranspirasi (Gabungan evaporasi dan transpirasi tumbuhan yang hidup di permukaan bumi. Air yang diuapkan oleh tanaman dilepas ke atmosfer). Evaporasi merupakan pergerakan air ke udara dari berbagai sumber seperti tanah, atap, dan badan air., dimana kelembaban tanah akan menentukan ketersediaan air dalam tanah bagi pertumbuhan tanaman (Djumali & Mulyaningsih, 2014).

Kebutuhan air juga tergantung topografi lahan, misalnya  untuk lahan yang miring membutuhkan air  lebih banyak daripada yang datar karena air akan lebih cepat mengalir menjadi aliran permukaan dan hanya sedikit yang mengalami infiltrasi.

Tanah yang memiliki tingkat kelembaban baik untuk usaha pertanian adalah tanah yang mudah dikerjakan, bersifat produktif serta subur. Tanah yang baik akan memberikan kesempatan pada akar tanaman untuk tumbuh dengan mudah, menjamin sirkulasi air dan udara serta baik pada zona perakaran dan secara relatif memiliki hara dan kelembaban tanah yang cukup.

Lantas berapakah prosentase kelembaban tanah yang diperlukan bagi tanamanmu? Berikut tabel kelembaban tanah untuk beberapa komoditas tanaman yang dibagikan Mahani (Lihat Link Modal Sosial Mahani), Sahabat NilaiKu Lombok di WAG NilaiKu Lombok Timur:

Tanaman apa yangAnda tanam?

Lalu, Bagaimana cara mengukur tingkat kelembaban tanah? cara yang paling mudah untuk mengukur kelembapan adalah dengan membeli Higrometer. Higrometer dapat mengukur kelembapan mulai dari 0% (kering) hingga 100% (ketika lebih banyak embun, maka akan muncul kabut atau hujan).

Alat pengukur tingkat kelembaban tanah

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita/Artikel Lainnya