fbpx Skip to content

Sahabat NilaiKu Lombok Timur Ikut Serta Menggelar Pasar Murah Ramadhan

Salah satu yang dilakukan pemerintah daerah kabupaten Lombok Timur,  dalam rangka stabilisasi harga pangan di daerah setempat, pada Ramadhan 1442 Hijiyah kali ini melalui Pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) Mitra Tani Mitra, bersama Pemerintah daerah Lombok Timur dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTT menggelar pasar murah guna mengantisipasi lonjakan harga beberapa kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, bawang, cabe dan lain-lain.

“Rencananya kita akan lakukan selama satu minggu ke depan. Untuk tahap awal ini, dan nanti kita  akan lihat reaksi masyarakat seperti apa, apakah perlu waktu tambahan” jelas Padli, Sahabat NilaiKu Lombok Timur kepada nilaiku.id (14/04).

Namun demikian, di hari pertama gelaran pasar murah yang digelar di halaman PUPM Mitra Tani Jalan Pejanggik , Pancor Selong, Kabupatepen Lombok Timur ini, nampaknya mendapatkan sambutan cukup baik dari wraga, terbukti masyarakat sekitar dan beberapa orang yang melewati daerah tersebut antusias mendatangi halaman Toko Mitra Tani.

Siap menngelar pasar murah dalam satu minggu ke depoan, sip!

“Entah kenapa, cabe selalu yang paling mahal! Dan masyarakat yang berbelanja di sini bisa mendapatkan selisih harga yang lebih baik, semisal harga beras yang bisanya sepuluh ribu rupiah, di sini bisa Sembilan ribu rupiah perkilo. Selisihnya bisa sampai dua atau tiga ribu rupiah lah untuk kebutuhan pangan lainnya,” terang Padli  yang merupakan pengguna NilaiKu di Lombok Timur sejak Oktober 2009.

Harga sejumlah kebutuhan pangan terutama Sembilan bahan pokok cenderung mengalami kenaikan menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri,  dan pergerakan harga mulai terasa pada satu bulan sebelumnya.

Dan untuk meredam kenaikan tersebut dengan harapan harga tetap terjangkau oleh masyarakat, wajar, dan tidak memberatkan, maka gelaran pasar murah, operasi pasar murah, pasar Ramdahan dan kegiatan serupa biasanya dilakukan saat Ramadhan.

Warga antusias membeli

“Dan kita akan jualan keliling setiap sore untuk menstabilkan harga di pasar agar masyarakat menengah ke bawah  bisa terjangkau untuk membeli, kegiatan ini salah satu jalan untuk menstabilkan harga barang sembako yang melonjak naik di bulan ramadhan ini,” kata Padli.

Padli, yang juga merupakan Bendahara PUPM ini mengatakan sore ini akan mengunjungi perempatan Lendang Nangka, Masbagik dan beberapa titik yang selanjutnya akan diikondisikan sesuai dengan kebutuhan.

“Saya senang berada di banyak komunitas, termasuk di NilaiKu. Jika kita ikut banyak kegiatan ‘kan kita senang banyak teman juga, saya nimbrung di grup NilaiKu jadi kalau ada apa-apa selalu saya posting” pungkas petani yang mengaku dirinya sering terlibat dalam kegiatan kedinasan di daerah setempat.

Ada banyak program yang bisa dijankan selama Ramadhan ini, gelaran pasar murah merupakan salah satunya yang bisa membantu masyarakat terbantu daya belinya. Selamat Bulan Ramadhan, Shabat NilaiKu! Dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Lihat Modal Sosial Padli, klik di sini: https://nilaiku-rama.microaid.io/profile/bc376c9f-bba0-4442-a9bf-58c45578fe2f

Bersiap-siap kelililng

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita/Artikel Lainnya