fbpx Skip to content

Neneng dan KWT Cendana tetap Produktif di Masa Pandemi

Neneng, adalah seorang ibu rumah tangga yang aktif di masa New Normal ini, selain tergabung dalam kelompok wanita tani Cendana di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kelompok wanita tani Cendana beranggotakan 17 orang. Bersama KWT Cendana inilah neneng dan dan rekan-rekannya aktif membuat berbagai produk olahan hasil tani seperti minuman beras kencur, kunyit asam, sari alang-alang, jahe lemon, serai limau dan minuman sari pala.

Salah satu prduk minuman KWT Cendana

Dengan terbukanya akses pasar melalui internet dan jaringan online di berbagai platform sosial media, Neneng menggunakan aplikasi NilaiKu untuk memperlas target pasar, walaupun ia sudah memiliki pangsa pasar dan pelanggannya sendiri  di sekitar Kabupaten Sukabumi.

“Aplikasi NilaiKu bagus! membantu dalam memasarkan produk. Saya selalu ada pesanan setelah promosi pakai NilaiKu. Promosi dengan NilaiKu menjadikan orang luar daerah lebih tahu produk kita, enggak cuma di sekitar Sukabumi atau sekitar rumah aja, mendingan banget lah setelah pakai NilaiKu. Cuma untuk minuman biasanya saya belum berani untuk dijual ke daerah karena saya gak pakai pemanis atau pengawet buatan, khawatirnya tidak akan tahan lama.” Terang Neneng kepada nilaiku.id.

Sebagai ib rmah tangga yang tahu betul kebutuhan dapurnya, Neneng memiliki hobi layaknya para petani lainnya, ia senang menanam cabai dan sawi di pekarangan rumah.

Menurut pengakuan Neneng kondisi pandemi telah berdampak pada ekonomi di daerahnya dan kondisi keuangan sedang sulit sehingga belum memiliki modal dalam mengembangkan usaha yang ia tekuni bersama anggota kelompok.

“Tapi terkadang juga ada penanaman sayuran bersama kelompok wanita tani,” imbuh Neneng.

Demikian cerita Neneng yang aktif dalam memproduksi makanan dan minuman  skala indstri rumahan selama masa pandemi ini, kalau kamu usahanya apa nih? Cek disini untuk lihat Modal Sosial : https://nilaiku-rama.microaid.io/profile/Neneng

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Cerita Lainnya