fbpx Skip to content

Bersama itu Bisa

Bagaimana mungkin sebuah rumah yang besar dengan berat bisa mencapai ratusan kilogram bahkan mungkin saja mencapai satuan tonase mampu diangkat dan dipindahkan hanya dengan mengunakan tangan kosong tanpa alat berat?

Pertanyaan itu bisa terjawab Sahabat NilaiKu, dengan menyaksikan tradisi yang biasa terjadi di Sulawesi Selatan seperti dalam video di atas, sebuah tradisi adat Suku Bugis yang hingga kini  masih sering dilakukan masyarakat disana dalam memindahkan rumah, salah satunya di daerah Soppeng, Sulawesi Selatan.

Puluhan hingga ratusan orang bergerak dengan semangat bekerja, saling bahu membahu mengerahkan seluruh tenaga yang dimilikinya mengangkat beban sangat berat yakni sebuah rumah yang demikian besar, namn mereka berhasil memindahkan ke tempat yang baru secara utuh tanpa membongkarnya sama sekali. Ini adalah hal yang sangat luar bisa! Menkjubkan, mereka bergerak nampak dari jauh bagaikan semut-semut yang berbondong-bondong mengangkat sesuatu, dan semut memiliki sifat gotong royong itu.

Kita sebagai manusia bukan semut, tentu kita memiliki kesadaran penuh bahwa kita tidak dapat hidup sendirian tanpa orang lain karena sejatinya kita adalah mahluk sosial yang memerlukan interaksi berdasarkan perasaan saling membutuhkan satu sama lain, diakui atau tidak oleh setiap diri kita pada dasarnya setiap orang membutuhkan bantuan orang lain.

Beruntungnya kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari yakni semangat gotong royong, sikap dan perilaku bekerja bersama dalam mencapai tujuan bersama dan hidup saling melengkapi menyatu di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, terutama di daerah-daerah pedesaan yang notabene merupakan daerah dimana para petani tinggal dan hidp di sana.

Tentu kita setuju bilamana Semangat bergotong-royong itu terus dirawat, dijaga dan dikembangkan di dalam kehidupan kita, dimana prinsip saling tolong-menolong, saling menopang, saling mengasihi dan menghormati menjadi salah satu asset dan dalam membangun bangsa.

Gotong royong memindahkan rumah seperti dalam video diatas hanyalah salah satu gambaran dari sekian banyak budaya bangsa ini, bahwa nilai-nilai luhur nenek moyang bangsa ini masih melekat erat dalam jiwa kita bangsa Indonesia. Sehingga tak ada persoalan besar sekalipun yang tak bisa diselesaikan jika kita bersedia bergotong-royong dan bekerja sama.  

Begitupun kita yang berusaha merawat nilai-nilai dan semangat gotong royong, semangat kebersamaan dan semangat saling membantu dari dan antar petani serta pelaku usaha kecil agar beranjak lebih maju dan mandiri dalam wadah aplikasi NilaiKu. Bersama itu bisa!

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Video Lainnya