fbpx Skip to content

Rida Warsa: Saya Bisa Menemukan Orang-Orang yang Satu Dunia Dengan Usaha Saya.

Barangkali, belum terlalu banyak kisah petani inspiratif yang diketahui oleh khalayak banyak yang memiliki dedikasi luar biasa dalam dunia pertanian Indonesia. Mereka memiliki semangat bertani dengan motivasinya sendiri, memiliki misi dan pandangan jauh ke depan dalam memberikan sumbangsih di bidang pertanian, kususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Namanya Rida Warsa, petani NilaiKu yang merupakan warga Airbesar, Pasamanbarat, Sumatera Bara ini dalam kesehariannya begitu akrab dengan alam dan lingkungan hidup. Ia lahir dari keluarga petani Minang yang dengan sendirinya mewarisi bakat dan passion di usaha pertanian, ia memiliki keinginan besar dalam menjabarkan ilmu pertanian yang ia serap dari orang tuanya.

Rida Warsa dengan tanaman hidroponiknya

“Wah, kalau saya sejak lahir memang berasal dari keluarga petani,” kata dia kepada NilaiKu (14/11/20) ikhwal profesi yang ia tekuni. Tak heran laki-laki kelahiran Juli 1975 yang merupakan Alumni Institut Pertanian Bogor tersebut memiliki minat besar dalam mengupayakan kemajuan pertanian di daerahnya, salah satunya dengan mengenalkan teknik hidroponik dalam bercocok tanam kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, mereka pun merespon dengan baik, masih dalam tahap pengenalan. Dan yang penting mereka tahu bagaimana caranya menjaga ketersediaan pangan di sekitar lingkungan mereka, walaupun dalam penjualan sayurannya belum terlalu besar. Yang pentinga ada pangan tersedia,” papar Rida.

Selain aktif sebagai petani dan tenaga honorer penyuluh pertanian, Rida memiliki setumpuk kegiatan seperti aktif di oraganisasi Palang Merah Indonesia Pasamanbarat, ia juga merupakan pegiat bagi masayarakat tanggap bencana. Seperti diketahui, Sumatera Barat merupakan wilayah Indonesia yang masuk ke dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) karena sering terjadi gempa.

Rida Warsa memanfaatkan media sosial sebagai etalase berbagai kegiatannya dalam rangka menebar informasi dan hal-hal positif bagi lingkungannya, termasuk menggunakan aplikasi NilaiKu untuk usaha pertanian yang ia tekuni.

“Kalau untuk Nilaiku, saya tuh merasa menemukan cara lah. Karena saya ini punya banyak (usaha), ada pakan ayam, ada hidroponik.Selama ini saya postingnya satu-satu kan? Nah, dengan NilaiKu saya bisa menyusun semua produk saya di situ, jadi saya merasa ada semacam etalase toko untuk usaha saya. Kedua, saya bisa nemuin yang sama-sama satu link-lah, seperti bu Mahani yak an? dan lainnya. Saya bisa menemukan orang-orang yang satu dunia dengan usaha saya,” terang Wakil Ketua Bidang Organisasi dan PSD PMI Kabupaten Pasaman Barat ini.

Jika spirit Rida warsa dalam menekuni dunia pertanian bisa menular kepada banyak generasi milenial, kita bisa mengikis kegalauan akan menyusutnya jumlah petani di Indonesia. Salam Sahabat NilaiKu!

Link Modal Sosial: https://nilai.to/hidroponik.rida

Bagikan Ke Sosial Media

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Cerita Lainnya